Kamis, 24 Agustus 2023

Fitur dan Manfaat Nginx Plus

Nginx Plus adalah solusi web server berbayar yang menawarkan fitur-fitur canggih dan manfaat bagi pengembangan aplikasi web dan infrastruktur server. Dengan Nginx Plus, Anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari fitur dasar Nginx, tetapi juga berbagai tambahan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Beberapa fitur utama dan manfaat yang ditawarkan oleh Nginx Plus antara lain:

Load balancing Nginx Plus

1. Session Persistence dalam Nginx Plus

Session persistence adalah fitur yang memungkinkan permintaan dari klien diarahkan secara konsisten ke server yang sama. Ini sangat penting dalam situasi di mana Anda memiliki aplikasi yang bergantung pada informasi sesi pengguna, seperti login ke platform atau keranjang belanja. Dalam Nginx Plus, session persistence dapat diimplementasikan menggunakan mekanisme seperti ip_hash yang memetakan alamat IP klien ke server tertentu. Hal ini memastikan bahwa selama sesi pengguna, permintaan akan selalu diarahkan ke server yang sama, meminimalkan potensi masalah autentikasi yang terjadi pada server yang berbeda.

2. load balancing dengan Nginx Plus

Fitur beban lalu lintas atau load balancing adalah salah satu keunggulan utama Nginx dan Nginx Plus. Dalam Nginx Plus, kemampuan load balancing telah ditingkatkan dengan metode seperti least_conn dan ip_hash. Metode ini memungkinkan pembagian lalu lintas yang lebih cerdas dan efisien ke berbagai server backend. Dengan begitu, Anda dapat menghindari overload pada satu server dan memastikan ketersediaan aplikasi yang lebih tinggi.

3. Cara instalasi Nginx Plus di Ubuntu Langkah demi Langkah

Proses pemasangan Nginx Plus pada sistem operasi Ubuntu memerlukan beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkahnya secara rinci:

  1. Langkah 1: Membuat Direktori dan Menyimpan Sertifikat
    Pertama, buat direktori /etc/ssl/nginx untuk menyimpan sertifikat repositori. Sertifikat publik dan pribadi dapat diunduh dari portal pelanggan Nginx.
    $ sudo mkdir /etc/ssl/nginx
    $ cd /etc/ssl/nginx
  2. Langkah 2: Mengunduh Nginx signing key
    Unduh Nginx signing key dari situs resmi nginx.org dan tambahkan kunci tersebut menggunakan perintah tertentu.
    $ sudo wget https://nginx.org/keys/nginx_signing.key
    $ sudo apt-key add nginx_signing.key
  3. Langkah 3: Pasang Paket dan Repository Nginx Plus
    Pasang paket apt-utils dan tambahkan repository Nginx Plus menggunakan perintah yang sesuai dengan distribusi Ubuntu yang Anda gunakan.
    $ sudo apt-get install apt-transport-https lsb-release ca-certificates

    $ printf "deb https://plus-pkgs.nginx.com/debian 'lsb_release -cs' nginx-plus\n" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/nginx-plus.list

  4. Langkah 4: Mengunduh dan Memasang File Konfigurasi
    Unduh file konfigurasi 90nginx dan pasang ke direktori /etc/apt/apt.conf.d untuk mengoptimalkan repositori.
    sudo wget -q -O /etc/apt/apt.conf.d/90nginx https://cs.nginx.com/static/files/90nginx
  5. Langkah 5: Memperbarui Informasi Repository
    Lakukan perbarui informasi repository agar Anda dapat mengakses paket Nginx Plus terbaru.
  6. Langkah 6: Install Nginx Plus
    Akhirnya, pasang paket nginx-plus menggunakan perintah yang sesuai dengan sistem operasi Ubuntu yang Anda gunakan.
    $ sudo apt-get install -y nginx-plus

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menginstal Nginx Plus secara efektif pada sistem Ubuntu.

4. Opsi Lisensi Nginx Plus

Nginx Plus menawarkan beberapa opsi lisensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Salah satu opsi yang tersedia adalah lisensi tahunan, yang memungkinkan Anda mendapatkan dukungan dan pembaruan reguler untuk produk. Selain itu, Nginx Plus juga menawarkan lisensi berbasis throughput, yang memungkinkan Anda untuk mengukur lalu lintas dan membayar berdasarkan penggunaan.

5. Unduh Versi Trial Nginx Plus

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli lisensi Nginx Plus, Anda dapat mencoba versi percobaannya terlebih dahulu. Nginx menawarkan versi percobaan selama 30 hari, yang memungkinkan Anda menjajal fitur-fiturnya sebelum mengambil keputusan. Anda dapat mengunduh versi percobaan ini dari situs resmi Nginx dan menjelajahi fungsionalitasnya dengan lebih baik.

6. Klaster Ketersediaan Tinggi dengan Nginx Plus

Salah satu keuntungan besar Nginx Plus adalah kemampuannya untuk membentuk klaster ketersediaan tinggi. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur beberapa server dalam konfigurasi yang mendukung ketersediaan yang tinggi, bahkan jika salah satu server mengalami masalah. Dengan klaster ketersediaan tinggi, Anda dapat menjaga performa aplikasi dan menghindari potensi downtime yang merugikan.

7. Platform yang Didukung oleh Nginx Plus

Nginx Plus dapat diinstal pada berbagai distribusi Linux, termasuk RHEL/CentOS, Debian, dan Ubuntu. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam memilih platform yang paling sesuai dengan lingkungan infrastruktur Anda. Selain itu, Nginx Plus juga dapat diintegrasikan dengan platform IaaS populer seperti Google Cloud Platform, Amazon Web Services, dan Microsoft Azure. Ini membuatnya cocok untuk pengguna yang mengandalkan layanan cloud dalam operasionalnya.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah menjelaskan dengan rinci fitur-fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh Nginx Plus. Mulai dari session persistence hingga klaster ketersediaan tinggi, Nginx Plus membawa solusi yang kuat untuk kebutuhan infrastruktur dan pengembangan aplikasi web. Dengan langkah-langkah instalasi yang disediakan, Anda juga dapat memasang Nginx Plus dengan mudah pada sistem operasi Ubuntu.

Dalam mengambil keputusan penggunaan Nginx Plus, Anda memiliki opsi lisensi yang beragam dan dapat mencoba versi percobaan sebelumnya. Dengan dukungan untuk berbagai platform dan lingkungan, Nginx Plus merupakan solusi yang serbaguna untuk memenuhi kebutuhan server dan aplikasi Anda.

Document last updated at: Kamis, 24 Agu 2023 123