Daftar 13 Ponsel dengan Daya Tahan Baterai Terbaik di Tahun 2023

Artikel ini meninjau ponsel dengan daya tahan baterai terbaik pada tahun 2023. Dibagi menjadi dua bagian: ponsel flagship dan ponsel budget. OKTRIK menguji daya tahan baterai dalam tiga skenario yang berbeda: menjelajahi web, pemutaran video, dan permainan 3D. Ponsel yang memiliki peringkat tertinggi dalam tes mereka telah disebutkan, bersama dengan kapasitas baterainya.

Meskipun ponsel budget biasanya menunjukkan performa yang sangat baik dalam hal daya tahan baterai, ponsel flagship juga memiliki teknologi canggih yang membuat daya tahan baterai lebih baik lagi, seperti teknologi pengisian cepat. Dengan demikian, pengguna dapat menikmati manfaat dari kapasitas baterai yang luar biasa sekaligus menikmati fitur-fitur canggih yang hanya tersedia di ponsel flagship.

Faktor yang memperngaruhi umur baterai smartphone

Usia baterai ponsel Android dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas penggunaan, jenis aplikasi yang terinstal, kondisi iklim, serta usia ponsel itu sendiri. Penggunaan yang berlebihan, aplikasi yang membutuhkan daya yang besar, suhu lingkungan yang tinggi, serta ponsel yang telah lama menggunakannya, dapat berdampak signifikan terhadap umur baterai.

Selain itu, pengaturan yang kurang efisien, layanan bergerak, serta pemasangan baterai yang tidak asli juga berpengaruh terhadap umur baterai. Untuk itu, penting bagi para pengguna ponsel Android untuk menjaga kondisi baterai mereka agar tetap dalam performa yang optimal.

Cara menjaga baterai ponsel tetap awet

Untuk menjaga agar baterai Android tetap tahan lama, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menghindari wallpaper bergerak, mengatur waktu habisnya layar dengan nilai yang tinggi, menghapus aplikasi yang tidak digunakan, menggunakan tema gelap, mematikan notifikasi yang tidak perlu, memanfaatkan Wi-Fi daripada data seluler, menyesuaikan kecerahan layar, mematikan GPS saat tidak digunakan, mengaktifkan mode penghemat daya, dan rutin melakukan pengisian ulang baterai.

Selain itu, Anda juga bisa mempercepat proses pengisian baterai dengan menggunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi ponsel Anda. Dengan cara-cara ini, Anda dapat meningkatkan umur baterai ponsel Android secara signifikan.

Untuk hasil lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan powerbank jika membutuhkan daya tambahan dalam jangka waktu yang lama. Dengan memakai powerbank, Anda dapat menghindari ponsel Android dari overcharge dan mempertahankan kondisi baterai yang ideal.

Daftar Ponsel Terbaik dengan Baterai Yang awet

Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra adalah pilihan yang ideal bagi para pengguna yang menginginkan performa tinggi dan desain modern. Dengan baterai 5.000 mAh yang dapat bertahan seharian penuh, serta teknologi pengisian cepat yang memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai dengan cepat, Samsung Galaxy S20 Ultra menawarkan umur baterai yang luar biasa. Selain itu, layar berukuran 6,9 inci, kamera 64MP, dan banyak fitur hebat lainnya, membuat Samsung Galaxy S20 Ultra menjadi pilihan yang sempurna bagi para pengguna yang mencari smartphone yang kuat dan tahan lama.

OnePlus 7T Pro

OnePlus 7T Pro adalah ponsel Android yang luar biasa dengan baterai 4,085mAh dan kapasitas pengisian cepat. Ini membuatnya sebagai pilihan yang tepat bagi para pengguna yang ingin menikmati waktu pakai yang lama tanpa harus melakukan pengisian ulang. Selain itu, ponsel ini juga menawarkan fitur-fitur canggih seperti layar AMOLED 6,67 inci beresolusi QHD + dan kamera triple 48MP yang memberikan hasil jepretan yang luar biasa.

Huawei Mate 20 Pro

Huawei Mate 20 Pro hadir sebagai salah satu ponsel Android yang luar biasa. Baterai berkapasitas 4,200mAh yang dimilikinya menawarkan masa pakai baterai yang tak tertandingi. Daya tahan baterainya sangat lama dan dapat diisi ulang secara cepat. Tidak hanya itu, kapasitas baterainya juga mampu bertahan seharian penuh dengan hanya satu pengisian saja. Bahkan, baterai Huawei Mate 20 Pro juga dapat diperpanjang dengan cepat ketika dibutuhkan. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur pembatasan energi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol penggunaan baterai mereka secara lebih efisien.

Samsung Galaxy Note 10+

Samsung Galaxy Note 10+ adalah ponsel terbaru dari Samsung yang dibekali dengan baterai 4,300mAh yang kuat. Samsung memastikan para penggunanya bisa menikmati kinerja yang luar biasa dari ponsel tersebut sepanjang hari tanpa harus merasa khawatir akan perlu pengisian ulang. Fitur pengisian cepat yang dimiliki juga meningkatkan waktu pengisian ulang yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Selain itu, Samsung Galaxy Note 10+ juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih lainnya yang bisa dinikmati penggunanya untuk meningkatkan pengalaman menggunakan ponsel ini.

iPhone 13 Pro Max

iPhone 13 Pro Max dari Apple benar-benar telah meningkatkan standar dalam hal daya baterai. Baterai 4352 mAh dan layar OLED dengan refresh rate yang adaptif, membuat iPhone 13 Pro Max ini semakin hemat daya. Prosesor Apple A15 Bionic yang lebih hemat daya daripada model tahun lalu membuatnya lebih lama bertahan. Hasil tes menunjukkan bahwa iPhone 13 Pro Max dapat bertahan hingga 18 jam 52 menit untuk browsing web, 10 jam 23 menit untuk streaming video, dan 10 jam 29 menit untuk permainan 3D. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, iPhone 13 Pro Max menawarkan performa yang luar biasa, hemat daya dan awetnya yang tak tertandingi. Di samping itu, iPhone 13 Pro Max juga menawarkan fitur keamanan tinggi yang membuat penggunanya lebih merasa aman dan nyaman.

Samsung Galaxy S20

Seri Samsung Galaxy S20 terkenal karena baterai yang besar, membuatnya cocok untuk streaming video dan bermain 3D. Namun, baterai dapat menurun secara signifikan ketika layar disetel ke 120Hz. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mencari flagship Android dengan umur baterai yang luar biasa, Samsung meluncurkan Galaxy S20 FE, yang menawarkan layar 1080p dan paket baterai besar, serta harga yang relatif terjangkau. Dengan Galaxy S20, Anda dapat menikmati manfaat baterai yang panjang dengan mengatur layar ke 60Hz.

OnePlus 8

OnePlus 8, yang telah dirilis di Verizon Wireless dan T-Mobile, menawarkan waktu baterai yang luar biasa. Hal ini berkat baterai berkekuatan 4300mAh dan Snapdragon 865 chip. Performanya luar biasa dalam tes baterai, dengan durasi 12 jam dan 15 menit untuk browsing web, 9 jam dan 37 menit untuk streaming video, dan 10 jam dan 16 menit untuk gaming 3D. OnePlus 8 adalah pilihan yang terjangkau dan dapat diandalkan bagi mereka yang ingin performa tahan lama untuk aktivitas sehari-hari, streaming video, dan gaming. Fitur lainnya yang tersedia di OnePlus 8 adalah kemampuan untuk menikmati pengalaman baterai yang lebih lama tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Xiaomi Mi 10 Pro

Berdasarkan tes kami, Xiaomi Mi 10 Pro adalah ponsel flagship paling tahan lama tahun lalu. Ponsel ini memiliki baterai 4.500mAh yang besar, chip Snapdragon 865 dan antarmuka MIUI untuk kinerja baterai yang luar biasa. Tes kami telah menunjukkan bahwa Xiaomi Mi 11 Ultra, penerusnya, tidak menampilkan kinerja baterai yang sama. Skor Tes Browsing Web adalah 14 jam 12 menit, Skor Tes Streaming Video adalah 11 jam 30 menit, dan Skor Tes Game 3D adalah 10 jam.

Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra menawarkan daya tahan baterai terbaik di kelasnya dengan kapasitas 5.000 mAh yang memungkinkan pengguna untuk menikmati aktivitas seperti web browsing, streaming video, dan bermain 3D selama 16 jam 6 menit, 8 jam 52 menit, dan 8 jam 40 menit saat refresh rate diatur pada 60Hz. Teknologi layar unik yang dimiliki membuat perbedaan daya tahan baterai antara refresh rate 60Hz dan 120Hz menjadi lebih kecil dibandingkan dengan seri S20 sebelumnya, sehingga membuat pengguna bisa menikmati hiburan dengan lebih lama.

Google Pixel 5a

Google Pixel 5a adalah ponsel yang hemat namun tak kalah unggul dalam hal kinerja kamera, masa pakai baterai, dan kecepatan pengisiannya. Dengan daya tahan baterai 15 jam 6 menit untuk menjelajah web, 10 jam 46 menit untuk streaming video, dan 10 jam 46 menit untuk bermain game 3D, ponsel ini menawarkan kenyamanan menggunakan. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan pengisi daya 18W di dalam kotak dan memberikan janji dukungan perangkat lunak 3 tahun dari Google, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman yang stabil dan aman.

Motorola One Fusion+

Motorola One Fusion+ merupakan pilihan yang sempurna bagi para pengguna yang mencari perangkat yang hemat biaya namun tetap memiliki fitur-fitur yang luar biasa. Dengan baterai 5000 mAh yang menjamin waktu tahan baterai hingga 15 jam, kinerja yang halus, serta kamera selfie popup, empat sensor kamera belakang, dan stabilisasi rekaman video yang kuat, ponsel ini siap mengantarkan Anda dalam berpetualang tanpa khawatir daya baterai akan habis. Alhasil, Anda dapat menikmati pengalaman bermain yang luar biasa.

Samsung Galaxy A21s

Samsung Galaxy A21s hadir dengan desain modern dan harga terjangkau yang menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa. Kamera selfie yang dimilikinya sangat bagus, serta kamera utama dan ultra-wide yang ditanamkan di bagian belakangnya mampu menghasilkan foto yang bagus di cahaya yang baik. Uji coba web browsing dan streaming video menghasilkan waktu bertahan selama 15 jam 35 menit dan 11 jam 9 menit, sementara skor pengujian 3D gaming adalah 7 jam 48 menit. Dengan performa yang kuat demikian, Samsung Galaxy A21s benar-benar memastikan Anda mendapatkan ponsel berharga terjangkau dengan daya tahan baterai yang luar biasa.

Moto G Power

Moto G Power 2021 menjadi ponsel pilihan yang tepat berkat baterai 5.000 mAh dan chip Snapdragon hemat energi. Pengujian Penjelajahan Web, Streaming Video, dan Gaming 3D menghasilkan skor 15 jam 54 menit, 8 jam 55 menit, dan 11 jam 34 menit. Artinya, baterai Moto G Power 2021 mampu bertahan selama hingga 3 hari dengan penggunaan sederhana dan 2 hari dengan penggunaan berat. Dengan kombinasi performa dan daya tahan baterai yang tinggi, Moto G Power 2021 menjadi ponsel terbaik dengan harga terjangkau.

Kesimpulan

Artikel ini meninjau ponsel Android dengan daya tahan baterai terbaik pada tahun 2023. Berbagai faktor dapat mempengaruhi usia baterai seperti penggunaan, jenis aplikasi, kondisi iklim, dan usia ponsel. Para pengguna dapat meningkatkan umur baterai dengan menghindari wallpaper bergerak, mengatur waktu habisnya layar, menghapus aplikasi yang tidak digunakan, menggunakan tema gelap, mematikan notifikasi yang tidak perlu, dan memanfaatkan Wi-Fi daripada data seluler.

Samsung Galaxy S20 Ultra, OnePlus 7T Pro, Huawei Mate 20 Pro, Samsung Galaxy Note 10+, iPhone 13 Pro Max, Samsung Galaxy S20, OnePlus 8, Xiaomi Mi 10 Pro, Samsung Galaxy S21 Ultra, Google Pixel 5a, Motorola One Fusion+, dan Samsung Galaxy A21s adalah beberapa ponsel dengan daya tahan baterai terbaik.

Sebagai seorang ahli teknologi, saya sangat menyukai dunia android dan internet. Saya memiliki pengalaman yang cukup lama dalam mengembangkan aplikasi android serta mengoptimalkan performa internet. …
© Oktrik. Hak cipta dilindungi Undang Undang. Oktrik adalah situs yang menyajikan tutorial, tips, dan cara-cara untuk menggunakan gadget dan perangkat android. Situs ini menyediakan informasi dan panduan terbaru yang bermanfaat bagi para pengguna gadget dan android. Oktrik juga menyediakan artikel yang membahas tentang hal-hal terkait gadget dan android, tutorial, panduan penggunaan, hingga tips dan trik menggunakan gadget dan android.