Kamis, 10 November 2022

Cara Menyalin Tautan Instagram (IG): Panduan Lengkap

Dalam era digital saat ini, Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di Indonesia dan di seluruh dunia. Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, Instagram menjadi tempat yang sempurna untuk berbagi momen-momen berharga, konten kreatif, dan mendapatkan inspirasi. Namun, ada saat-saat ketika Anda ingin lebih dari sekedar berbagi foto dan video di Instagram.

Anda mungkin ingin menyalin tautan Instagram untuk berbagai tujuan, seperti membagikan profil Anda kepada orang lain, mengunduh foto atau video, atau memperlihatkan postingan Instagram secara langsung. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menyalin tautan Instagram (IG) dengan mudah dan memberikan informasi tambahan yang berguna bagi Anda sebagai pengguna.


 

Cara Salin Tautan di Instagram Sendiri

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menyalin tautan Instagram. Mari kita bahas secara mendalam setiap metode ini.

1. Salin Tautan Melalui Browser

Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan browser. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • a) Buka browser di perangkat Anda dan arahkan ke alamat instagram.com.
  • b) Login ke akun Instagram Anda.
  • c) Klik ikon profil di sudut kanan atas layar untuk membuka profil Anda.
  • d) Salin tautan dari alamat situs yang terlihat pada browser.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menyalin tautan profil Instagram Anda dengan cepat dan mudah.

2. Salin Tautan Melalui Aplikasi Instagram

Selain melalui browser, Anda juga dapat menyalin tautan Instagram melalui aplikasi Instagram di ponsel Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • a) Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda.
  • b) Login ke akun Instagram Anda.
  • c) Buka menu profil dengan mengklik ikon profil di pojok kanan bawah layar.
  • d) Pilih opsi Share Profile (Bagikan Profil).
  • e) Salin tautan dari opsi Copy Link (Salin Tautan).

Dengan menggunakan aplikasi Instagram, Anda dapat dengan mudah menyalin tautan profil Anda dan membagikannya kepada orang lain.

3. Salin Tautan dengan Mengetikkan Nama Akun

Selain itu, Anda juga dapat menyalin tautan Instagram dengan mengetikkan nama akun secara manual di URL. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • a) Buka browser di perangkat Anda.
  • b) Masukkan instagram.com/nama_akun di bilah alamat.
  • c) Gantilah nama_akun dengan nama akun Instagram yang ingin Anda salin tautannya.
  • d) Salin tautan dari alamat situs yang terbuka di browser.

Dengan metode ini, Anda dapat dengan mudah menyalin tautan dari akun Instagram tertentu tanpa harus membuka profilnya terlebih dahulu.

Manfaat Menyalin Tautan Instagram

Menyalin tautan Instagram memiliki beberapa manfaat yang dapat meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan platform media sosial ini. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Membantu Pengunduhan Foto dan Video: Dengan menyalin tautan Instagram, Anda dapat dengan mudah mengunduh foto atau video yang menarik bagi Anda. Misalnya, jika ada foto liburan yang ingin Anda simpan atau video tutorial yang ingin Anda tonton kembali, menyalin tautan memudahkan akses dan pengunduhan konten tersebut.
  2. Membagikan Profil IG pada Orang Lain: Menyalin tautan Instagram juga memungkinkan Anda untuk dengan cepat membagikan profil IG Anda kepada teman, keluarga, atau pengikut potensial. Dengan memberikan tautan langsung ke profil Anda, mereka dapat dengan mudah mengunjungi profil Anda dan melihat konten yang telah Anda bagikan.
  3. Mempermudah Orang Lain Melihat Postingan Instagram Secara Langsung: Terkadang, Anda ingin berbagi postingan Instagram tertentu kepada seseorang secara langsung. Dengan menyalin tautan postingan tersebut, Anda dapat memberikan akses langsung kepada orang lain untuk melihat postingan tersebut tanpa harus mencarinya sendiri di Instagram.

Cara Menyalin Tautan Lainnya

Selain menyalin tautan dari profil Anda sendiri, Anda juga dapat menyalin tautan dari postingan, Instagram Stories, dan profil pengguna lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menyalin Tautan Postingan Instagram:

Untuk menyalin tautan dari postingan Instagram, ikuti langkah-langkah ini:

  • a) Buka postingan yang ingin Anda salin tautannya.
  • b) Klik ikon link yang terletak di bawah postingan untuk mendapatkan tautan yang dapat Anda salin.

Perlu diingat bahwa fitur ini hanya tersedia untuk postingan publik. Jika akun Anda bersifat pribadi, Anda perlu mengubahnya menjadi akun publik terlebih dahulu untuk menggunakan fitur ini.

Menyalin Tautan Instagram Stories:

Jika Anda ingin menyalin tautan dari Instagram Stories, ikuti langkah-langkah ini:

  • a) Buka cerita Instagram yang ingin Anda salin tautannya.
  • b) Klik ikon link yang terletak di bawah cerita untuk mendapatkan tautan yang dapat Anda salin.

Ingatlah bahwa cerita Instagram hanya berlaku selama 24 jam, jadi jika Anda ingin membagikannya, sebaiknya Anda melakukannya dengan segera setelah menyalin tautannya.

Menyalin Tautan Video Instagram:

Jika Anda ingin menyalin tautan dari video Instagram, ikuti langkah-langkah ini:

  • a) Buka video Instagram yang ingin Anda salin tautannya.
  • b) Klik ikon "Shared To" yang terletak di bawah video.
  • c) Pilih opsi "Copy Link" untuk menyalin tautan video.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menyalin tautan video Instagram dan menggunakannya untuk berbagai tujuan.

Mengunduh Video dari Instagram dan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menyalin tautan video, Anda juga dapat mengunduh video langsung dari Instagram menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan:

  1. Glassagram: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunduh video dari Instagram dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu memasukkan tautan video yang ingin diunduh, dan aplikasi ini akan memprosesnya untuk Anda.
  2. Repost: For Instagram: Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengunduh video dari Instagram, tetapi juga memberikan fitur reposisi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membagikan kembali konten yang menarik kepada pengikut Anda.
  3. InsTake: Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mengunduh foto dan video dari Instagram. Dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, Anda dapat dengan cepat mengunduh konten favorit Anda.
  4. InstaGet: Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengunduh foto dan video dari Instagram. Anda dapat mengunduh konten dengan kualitas tinggi dan menyimpannya di perangkat Anda.

Dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan menggunakan fitur ini dengan bijak.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apakah saya bisa menyalin tautan Instagram menggunakan sistem operasi apa pun?

Ya, Anda dapat menyalin tautan Instagram menggunakan berbagai sistem operasi, termasuk Windows, macOS, iOS, dan Android. Langkah-langkahnya sama di setiap sistem operasi, yang melibatkan pembukaan browser atau aplikasi Instagram.

Apakah saya perlu memiliki akun Instagram untuk menyalin tautan?

Tidak, Anda tidak perlu memiliki akun Instagram untuk menyalin tautan dari profil atau postingan publik. Namun, jika Anda ingin menyalin tautan dari postingan atau profil pengguna pribadi, Anda perlu mengirim permintaan pengikut atau mendapatkan izin dari pemilik akun tersebut.

Kesimpulan dan penutup

Menyalin tautan Instagram adalah langkah penting yang dapat memberikan manfaat bagi pengguna platform media sosial ini. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara menyalin tautan Instagram dengan mudah melalui browser dan aplikasi Instagram.

Kami juga telah memberikan panduan untuk menyalin tautan dari postingan, cerita, dan profil pengguna lain. Selain itu, kami telah memperkenalkan beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video dari Instagram.

Dengan menggunakan penjelasan yang mendalam, kami berharap artikel ini memberikan nilai tambah bagi pembaca. Jadi, mulailah menyalin tautan Instagram dengan percaya diri dan manfaatkan fitur ini untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan platform media sosial yang populer ini.

Document last updated at: Kamis, 10 Nov 2022 123