Cara Merubah Kartu MicroSD Sebagai Media Tambahan Penyimpanan Internal

Pada Artikel ini akan memandu anda cara menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan internal di perangkat Android. Dengan cara ini

Ponsel yang kehabisan ruang penyimpanan dapat menyebabkan ponsel berjalan tidak responsif, Hang dan permasalahan lainnya. Ruang penyimpanan atau memori yang habis tak jarang membuat pengguna ponsel menjadi jengkel terutama saat sedang mengunduh file besar baik itu aplikasi , Game atau video namun file hasil unduhan tersebut tidak dapat disimpan dikarenakan memori yang habis.

Meskipun telah terdapat kartu microSD, Namun terkadang Program aplikasi yang terinstall pada kartu microSD sering mengalami kendala berbeda dengan aplikasi yang terinstall langsung pada media penyimpanan bawaan ponsel. Apalagi jika kartu microSD yang kita digunakan bukanlah kartu microSD yang resmi

Namun anda tidak perlu khawatir, Artikel ini akan memandu anda cara menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan internal di perangkat Android. Dengan cara ini kartu microSD akan menjadi bagian dari penyimpanan internal di Android . 

 

Berikut adalah langkah untuk menggunakan kartu SD sebagai memori internal.

Format Kartu microSD Sebagai internal storage

Jika Anda sudah kehabisan ruang memori internal, Maka cara ini akan sangat berguna. Terutama untuk pengguna yang menggunakan smartphone murah yang kapasitas momorinya terbatas. Atau apabila aplikasi yang diinstall menolak untuk diinstall secara langsung pada kartu MicroSD. Berikut cara menggunakan kartu SD perangkat Android Anda sebagai penyimpanan internal untuk aplikasi tersebut.

Namun, tidak semua merek atau model kompatibel dengan solusi menggunakan micro sd sebagai penyimpanan internal android. Misalnya, versi ponsel Samsung dan LG yang saat ini ada dipasaran belum mempunyai fitur tambahan ini. Tips lainnya ialah, Selalu Gunakan kartu SD yang mempunyai kemampuan read and write dengan cepat dan andal.

Pilih merek MicroSD berkualitas yang memungkinkan Anda untuk memformat dan menggunakan MicroSD sebagai penyimpanan internal android secara langsung. Karena Jika kartu MicroSD yang anda gunakan sebagai media penyimpanan internal android adalah kartu MicroSD bajakan, Maka kinerja ponsel anda pun akan terpengaruh. Bisa saja Ponsel android anda akan kesulitan dalam melakukan read and write data sehingga mengakibatkan ponsel android anda hang atau tidak responsif.

 

Langkah-langkah Memformat MicroSD Sebagai Penyimpanan internal.

  • Ada baiknya anda menggunakan MicroSD card baru untuk digunakan sebagai penyimpanan internal, Karena jika anda MicroSD yang lama maka semua data yang ada pada MMC tersebut akan dihapus saat proses Format .
  • Masukan MicroSD card kedalam slot kartu pada ponsel anda.
  • Nyalakan smartphone anda, Dan tunggu hingga ponsel selesai melakukan booting sistim operasi.
  • Masuk ke Settings; kemudian pilih opsi Storage dan ketuk pada menu storage.
  • Anda akan dihadapkan Pada 3 Menu pada opsi berikutnya – RAM, internal storage and memory card.
  • Pada opsi SD card, Ketuk 3 titik vertikal (menu button) pada bagian kanan layar ponsel anda.
  • Pilih Opsi Format as internal
  • Tergantung pada pabrikan ponsel anda, Namun biasanya pilihanFormat as an internalberada di Storage settings.
  • Langkah selanjutnya pilih opsi Erase & Format
  • Pada android Dengan system terbaru, Jika sistim mendeteksi Kartu MicroSD yang digunakan berkualitas buruk atau mempunyai kemampuan read and write yang sangat lemah. Maka anda akan dihadapkan pada sebuah menu notifikasi yang akan memberi peringatan bahwa jika anda bersikeras untuk menggunakan MicroSD berkualitas buruk tersebut akan terjadi penurunan kinerja ponsel secara keseluruhan. Pada point ini pilihan tergantung pada anda, Apakah anda akan mengorbankan kinerja smartphone anda untuk memperoleh ruang penyimpanan yang lebih luas atau anda bisa mengganti MicroSD tersebut dengan yang lebih bagus.
  • Harap diingat Gejala gejala yang sering muncul apabila anda menggunakan MicroSD berkualita sburuk sebagai media penyimpanan internal antara lain ponsel akan sering hang, Data transfer akan berlangsung lebih lama dan aplikasi yang diinstall pada MicroSD tersebut sering kali akan Ngelag.
  • Setelah proses formating selesai, Akan muncul pemberitahuan pada layar smartphone anda. Setelah itu anda bisa dengan segera memindahkan files atau aplikasi yang terdapat pada ponsel anda ke penyimpanan internal baru saja anda buat.
  • Klik atau tap “Done”

Harap dicatat semua Data pada kartu SD akan terhapus jika kartu tersebut diformat.

Perlu diketahui bahwa meskipun kartu MicroSD anda telah dirubah menjadi media penyimpanan internal, Namun ada beberapa aplikasi tertentu mungkin masih menolak untuk dipasang pada media penyimpanan internal yang baru saj anda buat. Pengembang aplikasi memiliki opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan media penyimpanan yang telah mengalami proses modifikasi.

Jika anda mengikuti langkah langkah tersebut diatas dengan benar, Maka Kartu SD Anda sekarang akan terdeteksi pada bagian menu Storage sebagai media penyimpanan internal, dan Anda harus memformat ulang kembali jika anda bermaksud untuk menggunakan MicroSD tersebut di ponsel lain.

Keluarkan kartu SD dengan hati-hati, Karena mencabut paksa MicroSD langsung dari ponsel akan mengakibatkan fungsi telepon Anda terganggu. Aplikasi yang disimpan di penyimpanan SD dapat berhenti berfungsi atau terpengaruh jika Anda mencabut paksa MicroSD anda.

Use SD card as default storage for installing apps, gunakan kartu SD sebagai lokasi penyimpanan default.

Cara merubah MicroSD sebagai Lokasi media penyimpanan default hanya memerlukan beberapa langkah, Anda dapat mengubah seting penyimpanan default ke kartu SD. Dengan cara ini maka semua aplikasi yang diinstall akan Anda akan terpasang secar langsung ke kartu SD. Kartu SD juga akan secara otomatis berfungsi sebagai penyimpanan internal jika Anda melakukan ini. Solusi ini sangat sederhana dan bisa diterapkan pada berbagai perangkat Android.

Cara Merubah lokasi penyimpanan default Ke kartu SD

  • Masukan MicroSD ke slot Sim Card.
  • Masuk ke bagian Settings
  • Pilih dan Tap pada opsi Storage
  • Check for the SD card.
  • Ketuk pada MicroSD yang terdeteksi dan pilih sebagai default storage place.
  • Pada menu UI Homescreen, Tap pada opsi File Browser
  • Cari aplikasi yang hendak anda pindahkan Ke MicroSD
  • Tap Move
  • Pilih Pindahkan ke SD card

Kesimpulan

Cara menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan internal pada ponsel android sangatlah bermanfaat, Terlebih bagi mereka yang memiliki ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Anda dapat menggunakan kartu MicroSD dengan kapasitas yang besar dan dengan cara diatas anda dapat memperluas memori internal telepon Anda tergantung pada jumlah MicroSd yang anda miliki. Anda juga dapat menggunakan opsi kedua dan cukup memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD untuk mengosongkan ruang yang tersedia.

Dengan ruang penyimpanan dan kapasitas Memori yang lebih luas maka ponsel anda pun dapat bekerja secara maksimal. Jauh dari permasalahan ponsel yang Lag, Hang atau pun tidak responsif.

Hello there. Dengan beberapa tahun latihan dan eksperimen, saat ini saya membagikan informasi terbaik terkait tips dan trik, Seo, dll
© Oktrik.com. All rights reserved. Distributed by Techy Darshan Oktrik Oktrik