Rabu, 23 Maret 2022

logo

Cara Mentransfer WhatsApp Chat Dari iOS ke Android

Sebagian besar dari masyarakat kita menggunakan aplikasi WhatsApp untuk keperluan berkirim pesan, Dan tidak lah sedikit dari pengguna WA yang mengaktifkan arsip percakapannya dalam aplikasi Whasapp.

Tak jarang arsip rekaman percakapan ini sudah sangat lama bahkan bisa hingga bertahun tahun. Dan Mungkin saja dalam arsip percakapan tersebut terdapat momen atau kejadian lucu yang mungkin ingin anda simpan agar dapat dibuka kembali di tahun-tahun ke depan.

Dan Banyak pula dari masyarakat kita menggunakan WhatsApp untuk keperluan bisnisnya, dan seperti para pebisnis pahami bahwa back up arsip riwayat obrolan atau chat sangatlah penting .

Bisa saja anda memerlukan log arsip konfirmasi transfer rekening dari salah satu client anda. Lalu bagamanakah cara untuk memindahkan arsip rekaman chat whatssap apabila anda hendak beralih dari ponsel IOS ke Ponsel Android?.

Apa Itu whatsapp

WhatsApp, adalah program perpesanan multi-platform gratis yang pertama kali dirilis pada tahun 2009, Aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan percakapan video,text dan telepon, mengirim pesan teks, stiker ,berbagi lokasi dengan kawan dan saudara, dan banyak lagi hanya dengan bermodalkan koneksi internet GSM maupun menggunakan koneksi Wi-Fi.

Keunggulan dari aplikasi Whatsapp ialah telah support multi platform dan dapat di install di berbagai sistem operasi telepon dan komputer, Kemudahan ini memungkinkan Anda untuk melanjutkan obrolan kapan pun dan di mana saja Anda suka selama ada koneksi internet.

Whatsapp juga telah support VOIP Call atau melakukan panggilan kepada lawan bicara anda atau pada grup chat menggunakan Wi-Fi dan data seluler, Kelebihan dalam meminimalkan biaya panggilan yang mahal apabila melakukan panggilan secara konvensional .

Perpesanan Dan Arsip Chat

Layanan text Whatsapp sangat mirip dengan layanan pesan teks SMS; Tetapi, perbedaannya yaitu WhatsApp mengirim pesan tersebut melalui internet, Sehingga biayanya jauh lebih murah daripada mengirim pesan teks SMS. Karena fitur fitur diatas maka tak aneh apabila Aplikasi ini sangat populer di kalangan anak muda

Anda dapat menggunakan Whatsapp di komputer Anda dengan mengunjungi situs web resmi Whatsapp dan mengunduh program whatsapp untuk PC , Baik untuk Mac atau Windows. Karena fitur-fitur seperti obrolan grup, pesan audio, dan berbagi lokasi.

 


IOS Cloud Dan Google Drive Back up

Untuk Para pengguna IOS, jika pengguna iPhone mengaktifkan opsi cadangan cloud WhatsApp, Maka arsip obrolan akan disimpan otomatis ke Apple iCloud Secara berkala, Begitu juga untuk pengguna Android akan melakukan back up contact dan chat secara berkala dan arsip percakapan akan disimpan ke Google Drive.

Perbedaan sarana penyimpanan cloud inilah yang menjadi masalah apabila pengguna memutuskan untuk berganti ponsel mereka. Apple Icloud adalah layanan Cloud khusus ponsel dengan sistim operasi IOS ,Sedangkan Google drive Adalah layanan CLoud untuk Google android.

Untungnya, Pihak whatsapp telah mengatasi permasalahan ini pada Build Whatsapp versi terbaru. Pada Whatsapp versi terbaru telah memungkinkan Anda untuk mentransfer data antara dua platform yang sebelumnya tidak dapat dilakukan.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada ponsel Samsung yang menjalankan sistim operasi Android 10, dan saat ini dapat diakses atau digunakan pada smartphone Android 12 baru.


 

Apa yang Anda butuhkan?

Kabel data USB Tipe-C. Itu saja. Jika anda memiliki Iphone 11, Maka ada kemungkinan anda sudah memiliki Kabel USB tipe C ini sehingga tidak perlu untuk melakukan pembelian hanya untuk mentransfer chat dari iphone ke android. Namun jika anda tidak punya kabel USB ini, Maka anda dapat mencarinya di toko toko online atau pun toko peralatan komputer terdekat.

Ada beberapa hal yang perlu dicatat sebelum Anda memulai proses migrasi. Pastikan Anda menggunakan perangkat Android baru atau ponsel yang telah disetel ulang ke pengaturan pabrik di Android 12. Aplikasi WhatsApp harus diperbarui baik di ponsel iPhone maupun ponsel Android Anda.


 

Migrasi Whatsapp dari iPhone ke perangkat Android.

  • Menggunakan konektor USB Tipe-C , sambungkan handset Android Anda ke iPhone.
  • Pada ponsel Android Anda, buka aplikasi WhatsApp. Kode QR akan muncul di layar ponsel Android Anda.
  • Pada Ponsel iPhone, buka Pengaturan > Obrolan > Pindahkan Obrolan ke Android dan kemudian lakukan pindai kode QR. Selama prosedur ini, jaga agar ponsel Anda tidak terkunci secara otomatis . Ketuk Mulai Transfer setelah perangkat lunak selesai menyiapkan cadangan.

Arsip Percakapan, gambar, dan informasi lainnya akan mulai dipindahlan ke perangkat Android baru Anda. Selama Proses memindahkan data berlangsung, pastikan Anda tidak menggunakan kedua perangkat.

Namun perlu dicatat bahwa setelah Anda mentransfer semua info yang Anda butuhkan, Maka WhatsApp akan berhenti bekerja di ponsel lama Anda. Dengan fungsionalitas Beta Multi-Perangkat WhatsApp, Anda dapat menggunakannya di Android dan iOS secara bersamaan. Fitur Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan akun WhatsApp yang sama hingga empat perangkat sekunder tambahan selain telepon utama Anda.

Mengaktifkan fungsi Multi-Perangkat (Beta)

  1. Buka browser internet di perangkat sekunder Anda dan cari WhatsApp Web. ketuk tiga titik dan pilih mengaktifkan tampilan versi WEB.
  2. Buka WhatsApp > Pengaturan > Perangkat Tertaut di perangkat utama Anda.
  3. Ketuk Gabung Beta setelah memilih Multi-Perangkat Beta.
  4. Ketuk tombol Tautkan Perangkat di bagian Perangkat.

Kemudia untuk memindai kode QR, arahkan kamera ke perangkat ponsel kedua Anda.

Jika cara tersebut diatas anda lakukan dengan benar. Maka Anda sekarang akan dapat menggunakan WhatsApp di kedua ponsel Anda meskipun tidak terhubung ke jaringan internet yang sama. Seluruh pengalaman pengguna masih dalam tahap uji coba, Jadi mungkin saja anda akan mengalami gangguan pelayanan atau ada fungsi yang tidak bekerja sebagaimana mestinya hal ini dikarenakan karena fitur ini masih dalam tahap beta. Obrolan bisa memakan waktu lama untuk dimuat, dan mengunduh foto dan file juga bisa memakan waktu lama.


 

Kesimpulan

Fitur transfer chat kini hanya tersedia di perangkat Android 12, Meski sangat disayangkan jika Anda masih menggunakan handset Android lawas. Meski belum ada konfirmasi resmi dari WhatsApp, fitur ini mungkin akan hadir di versi Android sebelumnya dalam waktu dekat.