Sabtu, 26 Maret 2022

logo

Aplikasi Untuk Share Screen Android Terbaik

Perkembangan teknologi dewasa ini sudah semakin cepat, Tak terkecuali pada smartphone. Ponsel dan smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi teknologi terbaru, Tidak perlu membeli Ponsel dengan harga yang mahal hanya untuk menikmati teknologi terbaru ini. Ponsel atau smartphone murah pun sudah cukup. Dan fitur terbaru yang akan kita bahas pada tulisan kali ini ialah Screen mirroring.

Seiring dengan perkembangan ponsel yang semakin canggih dari hari ke hari, tampilan ketajaman gambar pada ponsel juga kian meningkat, Dan kini telah ada teknologi untuk melakukan screen sharing atau screen mirroring dari layar ponsel anda ke perangkat lain yang memiliki ukuran layar yang jauh lebih besar dengan hanya menggunakan koneksi sederhana, Baik itu wired koneksi maupun wireless.

Masyarakat awam umumnya beranggapan bahwa screen mirroring hanya digunakan untuk keperluan hiburan saja, seperti menonton Video dengan kualitas HD. Namun sebenarnya kegunaan screen mirrroring jauh lebih banyak dari hanya sekedar keperluan hiburan semata. Anda bisa memeriksa pesan, Email atau bahkan mengupdate status media social anda menggunakan screen mirroring.

 Meskipun ada banyak aplikasi pencerminan layar untuk Android ke TV yang tersedia di media sosial, kami telah mengembangkan daftar aplikasi pencerminan layar teratas untuk Android ke TV karena kesederhanaannya.

Apa itu Screen mirroring

Screen mirroring, juga dikenal sebagai screen sharing, adalah teknik memproyeksikan isi layar ponsel, laptop, tablet, atau komputer ke layar televisi atau perangkat lainnya yang telah support mirrroring. Screen mirroring dapat dijalankan baik di perkantoran maupun di rumah selama ada koneksi wired ataupun wireless serta perangkat yang telah support teknologi mirroring.

Screen mirroring dapat dilakukan dengan dua cara. Screen mirroring atau screen sharing melalui koneksi kabel (wired). Metode ini adalah cara yang paling umum dan paling stabil Namun sedikit ribet karena adanya kabel yang berseliweran. Cara kedua, Yaitu melakukan screen sharing menggunakan koneksi wireless atau nirkable. Screen Mirroring menggunakan koneksi nirkabel adalah yang paling digemari karena tidak membutuhkan kabel fisik untuk mengkoneksikan dua buah perangkat tadi.

Layar ponsel, tablet, atau komputer dapat ditampilkan secara remote dari jarak jauh di layar perangkat lain menggunakan teknologi Screen Mirroring. Screen Mirroring biasanya sering digunakan dalam rapat, presentasi, dan kuliah.

 

Cara Kerja Screen Mirroring

Penggunaan kabel HDMI untuk menghubungkan ponsel anda ke TV diperlukan untuk wired Screen Mirroring. cara screen sharing sangatlah mudah, Anda cukup memasang salah satu ujung kabel HDMI ke TV dan ujung kabel lainnya ke perangkat PC, Laptop ataupun Ponsel anda. Beberapa pabrikan laptop mungkin tidak memiliki slot konektor HDMI bawaan.

Dalam situasi seperti ini anda memerlukan alat tambahan berupa adaptor HDMI yang yang cocok dengan laptop yang anda miliki. Sebelum membeli kabel dan adaptor yang Anda perlukan, periksa kembali system requirements yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan adaptor tersebut.

Cara screen sharing secara nirkabel hampir sama seperti melakukan screen sharing menggunakan koneksi kabel, seperti kabel HDMI. Perbedaannya adalah ponsel Anda tidak memerlukan kabel untuk terkoneksi ke TV.

Saat ini dipasaran, banyak ponsel canggih, seperti iPhone, yang sudah memiliki teknologi screen sharing nirkabel secara built in, seperti Miracast. Oleh karena itu anda tidak membutuhkan lagi alat tambahan seperti adaptor HDMI hanya untuk screen sharing. Yang Anda butuhkan hanyalah TV pintar yang kompatibel untuk menerima sinyal nirkabel dari ponsel atau tablet Anda.


 

Aplikasi Screen Mirroring Android Terbaik

Dipasaran banyak tersedia bermacam aplikasi screen mirroring dengan beragam fitur yang disediakan. Jika Anda ingin Menonton Film di TV layar lebar dengan kualitas HD maka anda dapat menggunakan applikasi berikut ini untuk Menampilkan Layar ponsel anda pada tampilan TV layar lebar anda. Untuk itu anda harus  Google Play dan mengunduh file APK yang sesuai dengan sistim operasi anda agar aplikasi mampu berjalan secara optimal. Aplikasi pencerminan layar terbaik untuk Android tercantum di bawah ini:

TeamViewer

TeamViewer adalah salah satu aplikasi share screen terbaik untuk Android, TeamViewer memungkinkan Anda untuk screen mirroring dari ponsel ke Smart TV . TeamViewer juga memungkinkan Anda untuk memanage lebih dari satu perangkat atau screen mirroring langsung beberapa perangkat smartphone Android, TeamViewer pun dilengkapi dengan fitur ekstra seperti mengelola kontak langsung dari sistem melalui aplikasi, mentransfer file di banyak perangkat, dan fitur remote control.

Keunggulan TeamViewer

Dengan TeamViewer, Anda dapat menonton video beresolusi tinggi dengan cara melakukan streaming dari perangkat ponsel, memiliki jaminan perlindungan enkripsi data, Mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula yang masih gaptek, menjadikan TeamViewer sebuah program screen mirroring dengan keamanan tinggi.


Microsoft Remote Desktop

Microsoft Remote Desktop (RDP) adalah program remote desktop yang secara garis besar hampir mirip dengan screen mirroring. Sesuai Namanya yaitu remote desktop, Dengan Menggunakan Microsoft desktop maka anda dapat menampilkan layar desktop secara jarak jauh.

Microsoft Remote Desktop berfungsi baik pada ponsel Android karena menawarkan pengalaman multi-sentuh sekaligus mendukung multi tasking Windows. Meskipun dapat melihat file dan memutar video, itu juga memungkinkan pengguna untuk mengelola kontak dan akun, dan mengoperasikan perangkat remote layaknya ada dihadapan anda.

Nilai Plus Microsoft Remote Desktop

Program Microsoft Remote Desktop menawarkan akses ke sistem operasi Windows dan akses remote control secara jarak jauh hanya melalui smartphone anda. Microsoft Remote Desktop memiliki keuntungan yang memungkinkan Anda untuk melakukan streaming video dan menonton film dengan kualitas HD.


 

Google Home

Program screen mirroring lainnya untuk Android adalah Google Home. Google Home dapat menghubungkan Android ke SmartTV anda dengan lebih banyak fungsi dan kemudahan. Dengan Google Home anda dapat mengatur hampir seluruh kontrol yang tersedia pada SMART TV, Namun untuk dapat melakukan hal tersebut  Ponsel Android Anda dan perangkat yang hendak anda kontrol harus berada di jaringan yang sama.

Google Home juga memiliki kemampuan yang memungkinkan pengguna Android untuk mengurangi kontras cahaya saat menonton film tanpa mesti beranjak dari kursi mereka dan mengatur secara manual pengaturan tersebut.


 

ApowerMirror

ApowerMirror memungkinkan Anda untuk mengoperasikan fitur yang tersedia menggunakan mouse dan keyboard, termasuk screen sharing dan bahkan perekaman desktop, serta mengetik dan mengirim pesan secara langsung menggunakan keyboard.

Keuntungan ApowerMirror

Anda juga dapat memantau notifikasi telepon yang anda remote secara langsung di layar Ponsel anda, fitur aplikasi ApowerMirror sangat banyak, menjadikannya aplikasi ApowerMirror sebagai aplikasi screen sharing yang multi fitur.


 

AnyDesk

AnyDesk adalah aplikasi screen sharing dan screen mirroring yang akan memberi Anda akses eksklusif  secara langsung TV Anda. AnyDesk tersedia secara gratis untuk di unduh. AnyDesk sangat mudah untuk digunakan karena fitur-fiturnya yang sangat deskriptif, dan memberikan kinerja yang dapat diandalkan dan konektivitas yang stabil.

Nilai plus AnyDesk

AnyDesk telah support mode keamanan TLS 1.2 standar yang akan memberikan jaminan keamanan untuk segala aktivitas perbankan anda, Hal tersebut memungkinkan Anda memutuskan siapa saja yang memiliki akses ke data Anda dan mencegah aplikasi yang tidak sah mengakses data data pribadi anda. Hal Ini menjadikan AnyDesk sebagai aplikasi screen sharing dengan layer keamanan yang tinggi.


 

Airserver Connect

Airserver Connect mampu menyediakan koneksi mirroring yang sangat stabil dan tanpa lag. Hal ini memungkinkan Anda menghubungkan ponsel Anda ke layar TV atau bahkan proyektor dengan ukuran layar yang sangat lebar. Airserver Connect pun mampu untuk memproyeksikan layar ponsel secara bersamaan ke banyak perangkat sekaligus, dan kualitas gambarnya tidak akan mengalami penurunan.

Airserver Connect juga memiliki Mode pemindai kode QR yang memungkinkan untuk terhubung ke jaringan terbatas. Airserver Connect memiliki lebih dari satu juta unduhan di Google Play, menjadikan Airserver Connect sebagai aplikasi share screen terpopuler.


Mirroring360

Jika Anda membutuhkan lebih dari sekadar koneksi TV dari ponsel Android Anda, Mirroring360 adalah aplikasi yang tepat untuk Anda. Mirroring360 dapat melakukan berbagai tugas sekaligus. Pengguna dapat menggunakan aplikasi untuk menonton video, memberikan presentasi, dan melakukan hal lain yang mereka inginkan di layar yang lebih besar.

Selain itu, Mirroring360 memungkinkan Android untuk share screen layarnya ke televisi, PC, atau laptop, dan bahkan dapat menangani tugas-tugas berat seperti bermain video game dan streaming video web, dengan kualitas gambar yang sangat baik tanpa patah patah.


 

Zoom

Aplikasi Zoom dapat berjalan baik di ponsel atau laptop Anda, tetapi bagaimana cara share screen di zoom ?

Zoom meeting adalah pilihan konferensi profesional untuk organisasi, Ada beberapa cara untuk share screen Zoom di TV Anda, tetapi cara cara yang umum biasanya terbagi atas dua langkah, Yaitu: menggunakan kabel atau nirkabel. Keuntungan dari koneksi kabel adalah lebih stabil (beberapa hal mungkin salah), namun keuntungan dari koneksi nirkabel adalah Anda dapat menjaga kamera tetap dekat dengan Anda.