8 Cara Untuk Mengatasi “Unfortunately the app has stopped” Di Android

“Unfortunately System UI has stopped working.”, “Unfortunately Messenger has stopped working.”, “Snapchat keeps stopping.” Notifikasi error tersebut diatas hanyalah sebagian kecil dari pesan error yang sering muncul saat kita hendak menjalankan salah satu aplikasi di ponsel android.

Penyebab Error “Unfortunately the app has stopped “

Pesan error diatas bisa disebabkan oleh banyak sebab, Aplikasi beta yang masih dalam tahap uji coba, masalah sistem operasi yang tidak stabil, Kehabisan ruang penyimpanan, dan faktor faktor lain semuanya dapat menjadi biang kerok penyebab terjadinya masalah.

Cara Mengatasi “Unfortunately the app has stopped “

Apakah Anda sering mengalami masalah Unfortunately the app has stopped di ponsel Android? Tenang saja! Solusi “Unfortunately the app has stopped ” akan kita bahas pada artikel ini dan semoga akan bermanfaat bagi Anda.

Merestart Ponsel Android Anda

Ketika muncul pesan “Unfortunately the app has stopped” di layar ponsel Anda, Biasanya penyebab yang paling sering terjadi ialah dikarenakan kerusakan sistem atau sistim operasi yang tidak stabil. Sistim operasi android yang tidak stabil bisa saja dikarenakan banyak sebab, Bisa saja sistem kelebihan beban atau mengalami masalah yang tidak biasa. Jika ini masalahnya, mengatur ulang telepon Anda mungkin bermanfaat.

  • Tekan tombol Daya selama kira-kira 10 detik. Biasanya pada kebanyakan ponsel android akan langsung merestart. Jika cara diatas tidak berhasil, coba yang berikut ini:
  • Tekan dan tahan tombol Daya hingga menu pop up konfirmasi merestart ponsel muncul.
  • Ketuk Ya

Merestart ulang ponsel biasanya dapat menyelesaikan masalah masalah yang berhubungan dengan sistem operasi. Ponsel anda memang akan menutup semua aplikasi yang berjalan untuk melakukan Booting ulang. Namun biasanya aplikasi yang bermasalah tidak akan mengalami pesan error Unfortunately the app has stopped Lagi. Namun jika “Unfortunately the app has stopped” masih tetap muncul setelah ponsel direstart, coba solusi berikut ini.


 

Periksa Kapasitas Media Dan RAM Anda

Aplikasi android biasanya cenderung akan tidak stabil atau berhenti berjalan jika RAM android atau penyimpanan ponsel Anda habis, Memori RAM yang habis menjadi salah satu penyebab yang paling umum yang menjadi penyebab munculnya error Unfortunately the app has stopped. Jadi, sebelum Anda Menghapus aplikasi yang bermasalah tersebut, pastikan ponsel Anda masih memiliki ruang penyimpanan dan memori yang cukup.

Aplikasi yang berjalan di background adalah penyebab utama ponsel kehabisan memori oleh karena itu , pastikan Anda tidak menjalankan lebih banyak aplikasi/proses di latar belakang melebihi jumlah memori yang tersedia pada ponsel android anda.


 

Update Android system WebView app

Pada bulan Maret 2021, Terjadi kenaikan keluhan pengguna android yang melaporkan Pesan error Unfortunately the app has stopped, Hal ini menyebabkan banyak pengguna android yang kehilangan akses ke aplikasi aplikasi favorit mereka.

Untungnya, Penyebab masalah ini dapat dilacak kembali ke aplikasi Android System WebView yang tidak berfungsi sebagaimana mesinya, System WebView merupakan komponen kunci dalam sistim operasi android dan di banyak aplikasi milik Google dan aplikasi lainnya.

Setelah diketahui penyebab Unfortunately the app has stopped terletak pada System WebView yang tidak stabil , Google memberikan pembaruan terbaru untuk memperbaiki masalah tersebut.

Jika aplikasi di ponsel Anda terus terusan ngehang, tidak responsif, atau terasa lambat, Maka tidak ada salahnya jika anda melakukan pembaharuan guna meningkatkan versi aplikasi Android System WebView yang terbaru.

Cara mengupdate Aplikasi Android System WebView.

  • Di ponsel Anda, buka aplikasi Play Store.
  • Di pojok kanan atas, tap simbol profil Anda.
  • Pilih Manage apps & device dari menu tarik-turun.
  • Kemudian pilih Updates available dari menu tarik-turun.
  • Untuk memperbarui Android System WebView, cari dalam daftar dan sentuh tombol Perbarui.
  • Anda juga dapat menginstal semua pembaruan aplikasi dengan mengetuk opsi Update all.

Setelah melakukan pembaruan System WebView ke versi terbaru, kami sarankan untuk me-reboot ponsel Anda. Kami juga menyarankan anda untuk juga memperbarui aplikasi Layanan Google Play dan Chrome jika Anda mengalami masalah dengan sebagian besar aplikasi Google.


 

Update Aplikasi Yang Bermasalah Ke Versi Terbaru

Pastikan aplikasi yang sering error adalah versi yang terbaru serta aplikasi Android System WebView yang terinstall pada android anda juga merupakan versi yang terbaru.  Meskipun teknologi selalu terus diperbaharui, namun sistim yang dibuat manusia tidak akan pernah sempurna. Bug atau ketidak stabilan sistem dapat menyebabkan aplikasi android berhenti bekerja, hang, atau membuat lambat kinerja ponsel Anda.

Tapi, untungnya, Aplikasi yang terdaftar di Google Playstore selalu up to date. Para pengembang biasanya akan langsung merilis versi terbaru apabila ditemukan bug pada aplikasi buatan mereka. Untuk memperbarui aplikasi yang bermasalah caranya cukup mudah, buka Play Store dan ikuti langkah seperti yang diinstruksikan di atas.


 

Hapus Data Cache Dan Seting aplikasi

Data cache aplikasi yang bermasalah entah itu dikarenakan korup atau data yang tidak lengkap pun tak jarang dapat menyebabkan aplikasi menjadi tidak berfungsi, seperti saat tidak dimuat muncul error “Unfortunately the app has stopped”, Ponsel yang berhenti merespons, atau Hang. Jika ini masalahnya, Maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menghapus data yang di-cache seperti yang dijelaskan pad a langkah di bawah ini.

  • Aktifkan pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih Aplikasi & Pemberitahuan dari menu tarik-turun.
  • Ketuk Lihat daftar lengkap aplikasi (Atau opsi apa pun yang tersedia untuk melihat daftar aplikasi Anda)
  • Sekarang, dari daftar, pilih aplikasi yang terpengaruh. Misalnya, Google, WhatsApp, atau yang lainnya.
  • Lalu ada Penyimpanan dan Cache.
  • Terakhir, pilih Clear cache dari menu tarik-turun. Untuk sementara, jangan tekan tombol Clear cache.

Tutup dan muat ulang aplikasi yang error tersebut untuk mengetahui secara pasti penyebabnya. Jika memang itu masalahnya, Maka Anda dapat mengatur ulang program dengan menekan tombol Clear cache. Namun Harap diingat bahwa opsi ini akan menghapus data aplikasi yang telah di cache.


Install Ulang Aplikasi Ke Versi Terdahulu

Para developer dan pembuat aplikasi selalu berinovasi dan selalu mencoba untuk menambahkan fitur fitur terbaru untuk dapat diintegrasikan ke aplikasi yang dibuat oleh mereka.

Namun proses menambahkan fitur baru atau perbaikan untuk meningkatkan fungsionalitas terkadang hal dapat menimbulkan bug dan ketidakstabilan. Ketika Hal ini terjadi, Anda memiliki dua opsi: menunggu pembaruan berikutnya diluncurkan oleh developer atau kembali ke versi sebelumnya yang stabil.

Dan Untuk menurunkan versi aplikasi yang anda gunakan ke versi terdahulu Anda harus mengunduh program atau aplikasi android itu dari situs pihak ketiga seperti APKMirror karena Google Play Store tidak akan membiarkan Anda menurunkan versi aplikasi Anda.

Selain itu, harap diingat bahwa untuk dapat menurunkan versi aplikasi. Anda diharuskan Anda menghapus atau menguninstall pemasangannya terlebih dahulu, Hal ini berarti Anda akan kehilangan data dan seting yang telah tersimpan. Dan Jika Anda tidak keberatan data cache dan seting anda untuk dihapus, berikut cara memperbaiki masalah “Unfortunately the app has stopped” dengan menurunkan versi aplikasi Anda.

  • Pertama, hapus aplikasi yang bermasalah dari ponsel Anda.
  • Cari perangkat lunak yang ingin Anda unduh di APKMirror.com.
  • Temukan file APK untuk versi aplikasi sebelumnya dan unduh.
  • Instal file secara manual.

Menginstal aplikasi dari sumber ketiga selain Google Play Store sebenarnya sangat tidak disarankan, karena beberapa aplikasi yang tersedia untuk di download telah mengalami perubahan tidak seperti file aslinya ( Tamper). Oleh karena itu jika memang situasi mengharuskan anda untuk mendownload APK dari pihak ketiga, Maka situs APK Mirror adalah sumber yang dapat diandalkan.


Mengupdate Sistim Operasi Android Ke versi yang terbaru

Jika setelah mencoba semua cara dan langkah yang tertulis di atas, Namun ponsel Anda masih terus mengalami pesan error Unfortunately the app has stopped, Maka tidak ada salahnya Anda untuk memeriksa pemutakhiran sistem terbaru. Peningkatan sistem, seperti halnya pembaruan aplikasi, Mengupdate sistim android akan meningkatkan stabilitas sistem, Penambahan fitur baru, dan perbaikan bug.

Kami merekomendasikan untuk selalu mengunakan sistim operasi android versi terbaru di ponsel Anda, Sistim Operasi yang dirilis terkini akan mengatasi banyak masalah yang kerap muncul di ponsel android terutama jika masalahnya berada di level sistem, seperti saat UI Sistem di Android berhenti berfungsi.

Cara Mengupdate Andorid OS Ke Versi Terbaru

  • Nyalakan ponsel Anda.
  • Pilih System kemudian pilih opsi System Update.
  • Periksa layanan online updates. Dan, jika ada, unduh dan instal sekarang juga.


 

Bawa Ponsel Ke Service Centre Resmi

Cara berikut ini adalah langkah terakhir apabila langkah diatas telah anda jalankan namun masalah Unfortunately the app has stopped tetap muncul dan membandel di ponsel Android Anda, Anda dapat mencoba Melakukan factory reset . Namun, Cara ini bukan selalu merupakan pendekatan yang terbaik, terutama jika masalahnya hanya terjadi di satu satu aplikasi saja. Menyetel ulang ponsel Anda kembali kesetelan pabrik memerlukan sejumlah konsesi, termasuk mencadangkan dan memulihkan data Anda stelah di reset, menyetel ulang media penyimpanan Anda, menambahkan semua akun Anda kembali, dan banyak lagi.

Namun, ada pilihan yang lebih baik. Jika tidak ada solusi di atas yang dapat mencegah aplikasi Anda hang, berhenti, atau ponsel terasa lemot, sebaiknya kunjungi pusat layanan untuk mendapatkan bantuan profesional.

 


Penutup

Sekilas, masalah Unfortunately the app has stopped tampak sederhana. Namun sebenernya cukup rumit karena melibatkan banyak sekali faktor. Tapi jangan khawatir; seorang profesional akan tahu apa yang harus dilakukan pada fase itu. Mungkin mereka perlu merefresh perangkat lunak pada ponsel Anda atau melakukan perbaikan teknis lainnya.
Dan mereka akan melakukan semua itu untuk anda tanpa ada resiko yang cukup berarti.

 

Hello there. Dengan beberapa tahun latihan dan eksperimen, saat ini saya membagikan informasi terbaik terkait tips dan trik, Seo, dll
© Oktrik.com. All rights reserved. Distributed by Techy Darshan Oktrik Oktrik