Gestures Swipe, Mengaktifkan Fitur tombol back Pada Android OS Terbaru - tips dan trik android smartphone Terbaik -Oktrik.com

Sabtu, 12 Oktober 2019

Gestures Swipe, Mengaktifkan Fitur tombol back Pada Android OS Terbaru

OS Android 10 merupakan sistem operasi terbaru yang di rilis oleh google, menggantikan sistem operasi lama mereka yang hampir semua nya menggunakan nama-nama desert, seperti Pie, Marshmallow, Lollipop dan lain sebagainya.

Untuk kali pertama google menggunanakan nama sistem operasi android dengan angka, setelah 25 tahun lama nya mereka menggunakan trend nama dessert. Selain perubahan nama, tentu juga google akan menyediakan fasilitas berupa fitur-fitur baru yang lebih canggih. Salah satu fitur baru nya adalah Gestures Swipe.

Gestures Swipe


Gestures swipe merupakan pengganti dari tombol back atau kembali. Yaitu dengan cara menggeser untuk kembali ke halaman sebelum nya.

Nah, jika kamu masih bingung bagaimana cara mengaktifkan navigasi gestures swipe atau back button di OS Android 10, kami akan memberikan cara untuk mengaktifkan nya.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Gesture Swipe di Android 10

Berikut akan kami berikan cara untuk mengaktifkan navigasi gestures swipe atau tombol navigasi android pada OS Android 10. Simak penjelasan artikel di bawah ini :
  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu setting atau pengaturan pada handphone android milik mu.
  2. Pada menu pengaturan tersebut, kamu scroll ke bawah dan cari menu dengan nama 'system'.
  3. Klik pada menu 'system' tersebut.
  4. Pada menu 'system', kamu pilih sub menu dengan nama 'gestures'.
  5. Akan muncul beberapa sub menu lagi, lalu kamu pilih sub menu yang bernama ' swipe up on home button'.
  6. Setelah itu aktifkan tombol swipe pada ikon tersebut sehingga berubah warna menjadi hijau.
  7. Jika gestures telah aktif, akan menghilangkan salah satu dari tiga tombol yaitu home, back dan recent, hanya menjadi dua tombol saja yaitu home dan back yang berbentuk seperti kapsul atau pil.
  8. Maka tombol navigasi gestures swipe telah aktif dan siap digunakan.
Untuk cara penggunaan nya sediri sebenarnya cukup mudah, hanya mungkin bagi yang pertama kali mencoba tombol back android akan merasa kebingungan dan kesusahan.

Cara menggunakan navigasi gestur swipe

  1. Untuk kembali ke menu depan atau home, kamu cukup sentuh sekali tombol home tersebut.
  2. Jika ingin kembali ke halaman sebelumnya, cukup sentuh tombol back sekali saja.
  3. Jika ingin membuka tampilan recent, kamu hanya tinggal swipe up ke atas pada tombol home tersebut. Kamu bisa membuka aplikasi yang telah di buka atau menutup aplikasi tersebut pada tampilan recent ini.
  4. Jika kamu ingin menscroll aplikasi secara perlahan, maka kamu hanya melakukan swipe tombol home ke kanan dan jika ingin membuka aplikasi yang kamu pilih, maka tahan tombol home tersebut.
  5. Jika ingin membuka aplikasi yang sebelumnya sudah kamu pilih, kamu hanya perlu swipe tombol home ke arah kanan dan tidak perlu menahan tombol home tersebut.
  6. Jika ingin membuka menu google assistant, kamu harus sentuh dan menahan tombol home tersebut.
Nah, jika kamu ingin mematikan fitur gestures swipe tersebut, cara nya sangat mudah.
Kamu hanya perlu melakukan seperti langkah ketika mengaktifkan navigasi gestures swipe seperti yang ada di atas. Yaitu masuk ke menu pengaturan, lalu pilih system dan pilih gestures, klik menu swipe up on home button dan terakhir kamu nonaktifkan ikon hijau pada menu tersebut. Sangat mudah kan?

Nah, itulah cara mengaktifkan, menggunakan dan menonaktifkan fitur gestures swipe pada OS Android 10.

Gestures Swipe, Mengaktifkan Fitur tombol back Pada Android OS Terbaru Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Posting Komentar