Android 10 Kini Telah Mendukung Gambar Dengan Teknologi High Efficiency Image File Format - tips dan trik android smartphone Terbaik -Oktrik.com

Kamis, 10 Oktober 2019

Android 10 Kini Telah Mendukung Gambar Dengan Teknologi High Efficiency Image File Format

Google Baru Saja secara resmi mengumumkan nama terbaru untuk OS Android yang menjadi generasi selanjutnya dari Android 9.0 Pie, yaitu Android 10. Selama kurang lebih 25 tahun google menggunakan nama untuk sistem operasi mereka dengan nama-nama desert seperti Pie, Marshmallow dan masih banyak lagi.

High Efficiency Image


Namun pada OS terbaru mereka, google tidak lagi menggunakan nama itu. Hal ini dibenarkan oleh Sameer Samat, yang menjabat di VP of Product Management Android. Sameer samat mengatakan bahwa penggunaan nama-nama dessert kurang familiar di beberapa negara di belahan dunia.
Google adalah produk yang harus bisa menyesuaikan dengan berbagai negara, maka dari itu google mengganti nama-nama desert tersebut dengan angka saja.

Penjelasan Mengenai Format Gambar Dengan Ekstensi Heif


Terdapat banyak fitur baru yang ada di OS Android 10. Salah satu nya adalah OS Android 10 mendukung format file terbaru, yaitu HEIF. HEIF atau High Efficiency Image File Format merupakan pengganti dari format foto JPG. Format foto HEIF ini memiliki kualitas hasil 2x lebih bagus dari JPG, namun ukuran 2x lebih kecil dari JPG. Format ini dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group atau MPEG. Format ini telah dirancang pada tahun 2015 lalu, dengan menggunakan teknologi High-Efficiency Video Codec (HEVC / H.265). Pada OS Android 10, format ini telah mendukung dan bisa dipakai lewat ponsel yang terdapat OS Android 10.

HEIF sebenarnya lebih tepat disebut dengan kontrainer dan bukan sebuah format, layaknya JPEG. Karena HEIF mampu melakukan hal seperti menampung satu foto, multi foto, tumbnail, deepth information, audio dan masih banyak lagi.

Ada kemungkinan besar format file HIEF ini akan menggantikan peran format JPEG dalam foto yang ada di handphone android. Meskipun belum ada kepastian apakah format JPEG akan di matikan dan di nonaktifkan.

Rumor ini muncul ketika pada perhelatan Apple World Wide Developer Conference (WWDC), pihak Apple mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan format HIEF secara resmi pada produk ponsel mereka, yaitu iPhone atau iPad. Apple memilih HEIF lantaran format ini memiliki ukuran file yang cukup kecil jika dibandingkan dengan format file lain, juga karena HIEF memiliki kualitas 2x lipat lebih baik ketimbang format file lain. Selain hal itu, HEIF juga dapat menampung deepth information dan menumpuk banyak foto menjadi satu.

Kelebihan dan Kekurangan Format Foto HIEF

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari format file HEIF. Berikut akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangan format foto HIEF pada penjelasan artikel di bawah ini.
1. Kelebihan
  • Kualitas foto 2x lipat melebihi JPEG
  • Ukuran file lebih kecil jika di bandingkan dengan format file JPEG.
  • Bisa digunakan untuk menyimpan lebih dari satu gambar dalam satu file.
  • Mendukung transparancy, bisa menggantikan peran format file GIF atau format file PNG.
  • Bisa mendukung sampai 16-bit warna dan format file JPEG hanya bisa mendukung sampai 8-bit warna saja.
  • Terdapat rotate dan cropping
2. Kekurangan
Karena file ini masih tergolong baru, maka akan membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Beberapa aplikasi belum support format file HIEF ini. itulah kekurangan format file HEIF ini.

Tapi, jika ini tetap konsisten untuk beradaptasi, bukan tak mungkin beberapa tahun kedepan format file HEIF ini akan digunakan untuk semua platfoam dan menggantikan peran JPEG.

Nah itulah penjelasan tentang format file HIEF yang bisa dinikmati di OS Android 10.

Android 10 Kini Telah Mendukung Gambar Dengan Teknologi High Efficiency Image File Format Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Posting Komentar