Senin, 30 September 2019

logo

Fitur Unggulan Sistem OS Android Versi Terbaru – Android Q

Google Secara resmi mengumumkan nama terbaru untuk sistem android terbaru yang menjadi generasi selanjutnya dari Android 9.0 Pie. Namun, kali ini google tidak lagi menggunakan nama-nama dessert atau makanan manis, seperti sebelum-belum nya. Kali ini, google memberi title nama OS Android nya dengan Android 10. Google telah mengumumkan bahwa Android 10 akan tersedia mulai 22 September 2019.

Android 10 hadir dengan beberapa fitur baru yang akan membuat pengguna lebih nyaman dan menyenangkan. Salah satu fitur unggulan adalah sistem navigasi gestural yang akan membuat pengguna lebih mudah untuk berpindah antar aplikasi.

Android 10 juga memperkuat keamanan dan privasi pengguna dengan menyediakan fitur baru seperti Control over Apps yang akan memberikan akses penuh ke pengguna untuk mengontrol aplikasi apa saja yang akan diizinkan untuk mengakses data pribadi.

Fitur lainnya yang tersedia di Android 10 adalah Project Mainline yang akan memberikan update keamanan dan fitur sistem operasi langsung dari Google Play Store, serta Digital Wellbeing yang akan membantu pengguna untuk mengontrol dan membatasi penggunaan smartphone agar tidak terlalu banyak.

Android 10 akan tersedia untuk beberapa smartphone seperti Google Pixel 3, Google Pixel 3a, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, dan lain sebagainya. Pengguna yang ingin mengunduh Android 10 harus menunggu beberapa saat lagi.

Menurut Sameer Samat, yang menjabat di VP of Product Management Android, dia mengatakan bahwa penggunaan nama-nama dessert kurang familiar di beberapa negara di belahan dunia. Maka dari itu, nama OS Android harus bisa dipahami oleh semua kalangan, seperti dengan menggunakan angka.

Android Q

Android Q adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler berbasis Android. Sistem operasi mobile ini merupakan OS terbaru dari Google. Sistem operasi ini dibuat untuk perangkat Android dan dapat diunduh dan diinstal pada perangkat Android tertentu. Android Q memiliki beberapa fitur baru dan perubahan dari versi sebelumnya

Dalam OS versi android terbaru ini, Tak hanya nama yang dirubah, logo dan ikon dari android pun di ganti. Font dari tulisan Android pun telah dirubah, menjadi lebih simpel dari pada logo tulisan sebelum nya. Ikon android pun di pangkas, hanya di sisakan bagian kepala nya saja dan bagian tubuh dari ikon android dihilangkan. Begitu juga dengan warna, menjadi hijau kebiruan.

 

android Q

 

Berikut beberapa fitur unggulan dari OS ANDROID 10 yang bisa kalian nikmati setelah pembaruan sistem:

Android 10 yang diluncurkan pada tahun 2019 lalu, membawa sejumlah perubahan dan fitur baru yang menarik perhatian. Salah satu fitur baru yang paling menonjol adalah dark mode atau mode gelap, yang dapat menghemat baterai dan membuat tampilan smartphone lebih nyaman dilihat dalam kondisi minim cahaya.

Selain itu, ada juga fitur live caption yang dapat mentranskripsi audio menjadi teks secara real time, memudahkan pengguna untuk mendengarkan audio dengan lebih mudah. Android 10 juga memiliki fitur privacy dan keamanan yang lebih baik, seperti fitur untuk mengontrol akses aplikasi ke data pribadi, serta fitur untuk melindungi data yang tersimpan di perangkat.

  1. Smart Reply
    Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk merespon pesan masuk. Ketika ada notifikasi pesan masuk, pengguna tinggal klik saja dan merespon nya tanpa perlu ribe terlebih dahulu membuka aplikasi dari pesan tersebut.
  2. Format Foto HEIF
    HEIF atau High Efficiency Image File Format merupakan pengganti dari format foto JPG. Format foto HEIF ini memiliki kualitas hasil 2x lebih bagus dari JPG, namun ukuran 2x lebih kecil dari JPG. Format ini dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group atau MPEG. Format ini telah dirancang pada tahun 2015 lalu, dengan menggunakan teknologi High-Efficiency Video Codec (HEVC / H.265). Pada OS Android 10, format ini telah mendukung dan bisa dipakai lewat ponsel yang terdapat OS Android 10.
  3. Sound Amplifer
    Memang sound amplifer telah digunakan sejak OS Android terdahulu seperti Pie, Lollipop, Marshmallow dan lain sebagai nya. Dengan fitur sound amplifer, akan meningkatkan kualitas audio menjadi lebih kencang, membuat suara lebih nyaring terdengar. Dengan bantuan sound amplifer, kamu dapat mendengarkan podcast, teleponan atau vc di ruang yang berisik, atau menonton video di tempat yang tidak kondusif dan semua aktivitas itu tidak akan terganggu suara nya karena ada fitur penguat suara yang akan membuat suara lebih jernih terdengar, yaitu fitur sound amplifer.
  4. Fitur Dark Theme
    Android 10 memiliki fitur dark theme atau tema gelap untuk perangkat Android. Dengan mengaktifkan dark theme, akan menghemat penggunaan baterai dan juga akan memberikan tampilan yang lebih menarik.
  5. Fitur Live Caption
    Live Caption adalah fitur yang akan menambahkan teks ke video atau audio secara real time. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin menonton video atau mendengarkan musik tanpa harus mendengarkan suara.
  6. Fitur Smart Reply
    Smart Reply adalah fitur yang akan memberikan respon otomatis berdasarkan pesan yang diterima. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering menerima pesan dari teman atau keluarga.
  7. Fitur Focus Mode
    Focus Mode adalah fitur yang akan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih fokus dan menenangkan. Fitur ini akan memblokir aplikasi yang tidak perlu digunakan sehingga pengguna dapat lebih fokus dalam melakukan aktivitas.
  8. Fitur Gesture Navigation
    Gesture Navigation adalah fitur yang akan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih intuitif dan menyenangkan. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat melakukan navigasi dengan lebih mudah dan cepat. Fitur baru yang disediakan oleh Android 10 setelah melakukan pembaruan sistem adalah gestur swipe. Yaitu para pengguna akan lebih mudah dalam memindahkan dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain. Selain itu, tampilan akan lebih menjadi interaktif. Dengan fitur tersebut, pemindahan satu aplikasi ke aplikasi lain, semisal memindah halaman di buku, tanpa perlu menggunakan tombol pembantu pemindah aplikasi. Dengan fitur tersebut tentu akan lebih memudahkan para pengguna untuk melakukan berbagai hal yang ia inginkan.

Memang Android 10 telah mengalami beberapa evolusi dan pembaruan sistem android yang diharapkan menjadi lebih baik dan efektif dari pada sistem operasi android sebelum nya. Dengan fitur-fitur canggih diatas, versi android tertinggi saat ini yaitu Android 10 bisa di perkirakan akan semakin memudahkan para pengguna dalam menjankan berbagai aktivitas pada handphone android mereka.

Itulah beberapa fitur-fitur terbaru yang tersedia di OS Android 10. Sistem Android 10 akan selalu melakukan perubahan dan pembaharuan sistem yang akan  menyesuaikan dengan keadaan dari zaman ke zaman.