Wordstar, Aplikasi Pengolah Kata Terpopuler Dijamannya

Apa software pengolah kata yang Anda gunakan sekarang? Jika Anda menjawab wordperfect, Lotus 1-2-3, AbiWord, Microsoft Word, Anda termasuk golongan mainstream. Jika jawaban Anda adalah Writer dari Kingsoft Office atau Libre Office.

Aplikasi pengolah kata atau word processing software adalah perangkat yang sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari. Salah satu aplikasi pengolah kata yang cukup populer dahulu adalah Wordstar

Anda senang mencari alternatif yang tak berbayar. Apapun pilihan Anda, software pengolah kata adalah perlu dimiliki di semua perangkat seperti PC, notebook, tablet dan smartphone. Tapi tahukah Anda apa itu Wordstar?
Tentang Wordstar Word Procesor

Wordstar merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang cukup populer di era 1980-an. Kelebihan dari aplikasi pengolah kata ini adalah fasilitas dan kemudahannya dalam penggunaan. Wordstar merupakan sebuah aplikasi pengolah kata (bukan data) yang dikenalkan oleh MicroPro International dan sempat menjadi favorit di dekade 1980an. Wordstar pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M pada tahun 1978.

Program ini menyajikan banyak fasilitas, kemudahan dalam penggunaan dan menjadi standar umum pengolah kata untuk OS CP/M. Pada tahun 1981 Wordstar versi 2.26 disertakan dalam paket komputer portable Osborne 1.

Wordstar for DOS versi 3.0 dirilis pada April 1982. Versi DOS sangat mirip dengan versi CP/M, dan meskipun IBM PC menyediakan tombol arah dan tombol fungsi (F1, F2, dll), tombol panah versi Wordstar yang dikenal sebagai "Wordstar diamond" dan tombol Ctrl lainnya tetap dipertahankan, mengakomodasi transisi bagi pengguna yang biasa menggunakan CP/M.

Pada pertengahan 1980an Wordstar merupakan program pengolah kata paling populer di dunia. Namun demikian, saat itu pasar lebih menyukai mesin pengolah kata standalone buatan IBM yang dikenal dengan IBM DisplayWrite.

Wordstar Status saat ini

Setelah menjadi aplikasi pengolah kata terpopuler di dekade 1980-an, kini Wordstar sudah jarang digunakan dan bahkan sudah tidak ada dalam pasar aplikasi pengolah kata saat ini. Penggunaan Wordstar yang sempat populer di masa lalu terus menurun dan terus digantikan oleh aplikasi pengolah kata lain seperti Microsoft Word, Google Docs, dan lainnya.

Walaupun MicroPro International telah merestrukturisasi diri menjadi Wordstar International dan kembali merekrut banyak "veteran" programmer Wordstar yang absen dalam pengembangan Wordstar 2000, namun popularitas Wordstar tetap saja menurun.

Kini, Wordstar hanya digunakan oleh segelintir pengguna yang menyukai gaya penulisan dan fitur yang ditawarkan oleh Wordstar. Namun, jumlah pengguna Wordstar yang ada saat ini sangat sedikit dan kini Wordstar sudah tidak diupdate lagi.

Secara keseluruhan, Wordstar telah digantikan oleh aplikasi pengolah kata lain yang lebih modern dan memiliki fitur yang lebih lengkap serta mudah digunakan. Namun, Wordstar masih memiliki tempat tersendiri dalam sejarah perkembangan aplikasi pengolah kata dan tetap menjadi salah satu aplikasi pengolah kata yang pernah populer di masa lalu.

Perbandingan Wordstar dengan software pengolah kata lainnya

Pada masa lalu, Wordstar bersaing dengan beberapa aplikasi pengolah kata populer seperti IBM DisplayWrite, WordPerfect, dan Wang Laboratories. Walaupun Wordstar merupakan program pengolah kata paling populer di dunia pada pertengahan 1980-an, namun popularitasnya mulai menurun saat pasar lebih menyukai mesin pengolah kata standalone buatan IBM yang dikenal dengan IBM DisplayWrite.

Dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata lain pada masa itu, Wordstar memiliki beberapa fitur unik seperti tombol panah yang dikenal sebagai "Wordstar diamond" dan tombol Ctrl lainnya yang tetap dipertahankan. Namun, kurangnya dukungan Wordstar 2000 terhadap format file dan penggunaan tombol Wordstar membuat aplikasi ini kalah bersaing dengan aplikasi pengolah kata lain seperti WordPerfect yang menggunakan kombinasi tombol yang sama dengan komputer pengolah kata populer buatan Wang.

Saat ini, Wordstar sudah jarang digunakan dan bahkan sudah tidak ada dalam pasar aplikasi pengolah kata saat ini. Penggunaan Wordstar yang sempat populer di masa lalu terus menurun dan terus digantikan oleh aplikasi pengolah kata lain seperti Microsoft Word, Google Docs, dan lainnya. Walaupun Wordstar masih memiliki beberapa pengguna setia, namun jumlah pengguna Wordstar yang ada saat ini sangat sedikit dan kini Wordstar sudah tidak diupdate lagi.

Significance of Wordstar

Wordstar merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang menjadi populer pada masa itu dan menjadi pionir dalam perkembangan aplikasi pengolah kata. Pada saat itu, Wordstar menawarkan fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan, yang menjadi alasan mengapa banyak pengguna yang memilih Wordstar sebagai aplikasi pengolah kata utama.

Wordstar juga menjadi salah satu aplikasi yang menjadi trendsetter dalam perkembangan aplikasi pengolah kata lainnya. Beberapa aplikasi pengolah kata yang muncul setelah Wordstar, seperti WordPerfect dan Microsoft Word, mengadopsi beberapa fitur yang ditawarkan oleh Wordstar. Selain itu, Wordstar juga menjadi inspirasi dalam pengembangan aplikasi pengolah kata yang lebih modern seperti Google Docs dan LibreOffice.

Walaupun saat ini Wordstar sudah tidak digunakan lagi, namun Wordstar tetap memiliki arti penting dalam sejarah perkembangan aplikasi pengolah kata. Wordstar telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam perkembangan aplikasi pengolah kata saat ini, dan tetap menjadi salah satu aplikasi pengolah kata yang pernah populer dan berpengaruh di masa lalu.

Aspek Teknis Wordstar

Wordstar memiliki beberapa aspek teknis yang menonjol dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata lainnya saat itu. Salah satunya adalah format file yang didukung. Wordstar menggunakan format file .wsd yang hanya bisa dibuka dan diedit dengan Wordstar. Format file ini tidak dapat dibuka dengan aplikasi pengolah kata lain sehingga membuat pengguna harus mengkonversi file tersebut jika ingin membukanya dengan aplikasi lain.

Wordstar juga menawarkan beberapa pilihan keyboard shortcut yang unik. Tombol panah yang dikenal sebagai "Wordstar diamond" dan tombol Ctrl lainnya digunakan untuk mengakses berbagai fitur dalam aplikasi. Pengguna Wordstar harus terbiasa dengan shortcut ini agar dapat mengoperasikan aplikasi dengan cepat dan efisien.

Fitur lain yang unik dari Wordstar adalah adanya mode macro yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan serangkaian perintah yang sering digunakan dan menjalankannya dengan satu tombol. Ini memudahkan pengguna untuk menyelesaikan tugas yang sama dengan cepat dan efisien.

Secara keseluruhan, Wordstar memiliki beberapa aspek teknis yang unik yang membuatnya berbeda dari aplikasi pengolah kata lain saat itu. Namun, aspek-aspek ini juga menyulitkan pengguna untuk beralih ke aplikasi lain karena harus belajar shortcut dan format file yang berbeda.

Perangkat lunak pengolah kata

Mesin ini dibuat khusus untuk menulis dan mengedit dokumen, berharga mahal dan umumnya digunakan dengan harus melalui sebuah terminal yang terhubung dengan mainframe atau komputer kelas menengah. Meskipun banyak pilihan mesin pengolah kata, saat itu IBM hanya disaingi oleh Wang Laboratories.

Ketika IBM mengumumkan akan membuat pengolah kata versi PC dengan nama DisplayWriter ke pasar, MicroPro langsung fokus dengan membuat program serupa yang dinamai Wordstar 2000. Sayang hasilnya tidak terlalu sukses akibat kurangnya dukungan Wordstar 2000 terhadap format file dan penggunaan tombol Wordstar.

Hal ini membuka kesempatan bagi produk dari kompetitor untuk mengambil alih pasar seperti WordPerfect yang menggunakan kombinasi tombol yang sama dengan komputer pengolah kata populer buatan Wang.

Untuk kembali mengambil alih pasar, MicroPro International merestrukturisasi diri menjadi Wordstar International dan kembali merekrut banyak "veteran" programmer Wordstar yang absen dalam pengembangan Wordstar 2000, dan pada Oktober 1986 membeli kode yang digunakan oleh NewWord, sebuah aplikasi mirip Wordstar dengan kemampuan yang telah ditingkatkan, ditulis oleh Peter Mierau untuk perusahaannya yang bernama NewStar.

Wordstar menggunakan basis-kode NewWord untuk memproduksi versi selanjutnya, menambahkan fitur yang telah lama dinanti seperti pengembalian teks yang telah terhapus dan pewarnaan format layar untuk fasilitas efek tebal, miring dan efek percetakan lainnya.

Versi pertama yang dibuat dengan basis-kode juga disebut Wordstar (atau Wordstar Professional 4.0) dan dirilis untuk sistem operasi DOS dan CP/M. Versi selanjutnya 5.0, 5.5, 6.0, dan 7.0 hanya dirilis untuk DOS.

Seperti produsen aplikasi DOS populer lainnya, Wordstar International menunda keputusan untuk membuat versi untuk Windows 3.0 yang telah populer. Perusahaan membeli aplikasi lain, sebuah Software pengolah kata berbasis Windows yang telah ada sebelumnya, yang kemudian diubah namanya dan dirilis sebagai Wordstar for Windows pada 1991.

Program tersebut tergolong sangat baik dan menyertakan banyak fasilitas yang hanya dimiliki aplikasi publikasi berharga mahal. Sayangnya, penundaan peluncuran produk menyebabkan Microsoft Word secara pasti telah menjadi standar bisnis dan perusahaan selama penundaan yang kira-kira dua tahun sebelumnya.

Wordstar kini tidak lagi dikembangkan dan menjadi abandonware. Kini Wordstar menjadi milik Riverdeep, Inc., sebuah perusahaan Software pendidikan dan retail yang bermarkas di San Francisco, California. Wordstar masih secara aktif digunakan oleh beberapa ratus anggota milis Wordstar Users Group.

Mereka menyediakan dukungan teknis satu sama lain mulai Mei 1996 hingga saat ini. Juga tersedia beberapa paket download dari macro, script, driver printer & mouse terbaru pada situs Wordstar Users Group.

Sebagai seorang ahli teknologi, saya sangat menyukai dunia android dan internet. Saya memiliki pengalaman yang cukup lama dalam mengembangkan aplikasi android serta mengoptimalkan performa internet. …
© Oktrik. Hak cipta dilindungi Undang Undang. Oktrik adalah situs yang menyajikan tutorial, tips, dan cara-cara untuk menggunakan gadget dan perangkat android. Situs ini menyediakan informasi dan panduan terbaru yang bermanfaat bagi para pengguna gadget dan android. Oktrik juga menyediakan artikel yang membahas tentang hal-hal terkait gadget dan android, tutorial, panduan penggunaan, hingga tips dan trik menggunakan gadget dan android.