kelebihan dan kekurangan windows phone 8 - tips dan trik android smartphone Terbaik -Oktrik.com

Jumat, 18 Januari 2019

kelebihan dan kekurangan windows phone 8

PADA 20 Juni 2012 lalu, Microsoft mengenalkan sistem operasi mobile terbarunya, Windows Phone 8 (WP8). Sistem operasi ini mengusung sejumlah fitur baru dan perubahan yang membuatnya disebut-sebut lebih baik dari pendahulunya, Windows Phone 7.


Hal inilah yang membuat Microsoft sangat yakin, Windows Phone 8 dapat meraih sukses di pasar mobile. Yang menarik, Windows Phone 8 hadir bersamaan dengan kemunculan OS Windows 8 yang akan menyasar segmen komputer. Simak beberapa fitur baru dan kelebihan Windows Phone 8 berikut.

Menggunakan kernel Windows NT

Windows Phone 8 merupakan sistem operasi mobile dari Microsoft yang pertama kali menggunakan kernel Windows NT, kernel yang juga digunakan oleh OS Windows 8. Sebelumnya Microsoft menggunakan kernel Windows CE di Windows Phone 7. Berkat penerapan kernel ini, Windows Phone 8 mengalami banyak peningkatan dari sisi kinerja dan kemampuan.Windows Phone 8 kini telah mendukung penerapan multi-core CPU hingga 64 core, selain itu perangkat WP8 juga dapat dipasangkan dengan layar beresolusi tinggi, seperti 1280 x 720 pixel, dan 1280 x 768 pixel. Sebelumnya, di Windows Phone 7 hanya mendukung resolusi layar 800 x 400 pixel. WP8 juga telah mendukung penambahan kartu memori MicroSD untuk memberikan ruang memori tambahan.

Penerapan Metro UI atau Modern UI

Windows Phone 8 menggunakan user interface Metro atau kini disebut Modern UI. User interface ini menawarkan tampilan antar muka yang intuitif dan informatif dengan menampilkan live tile. Livetile sendiri merupakan widget aplikasi yang menampilkan update aktivitas terbaru, sehingga pengguna tidak perlu membuka aplikasinya untuk sekedar melihat update terbaru. Selain itu dengan ikon-ikon berukuran besar, UI Windows Phone 8 lebih mudah digunakan dengan sentuhan jari

Mendukung multitasking

Berbeda dengan Windows Phone 7 yang menerapkan card-based multitasking, dimana sistem operasi hanya menyimpan data terakhir yang dijalankan oleh aplikasi ketika aplikasi lain berjalan, Windows Phone 8 menyuguhkan true background multitasking. Artinya, ketika Anda membuka dan menjalankan aplikasi lain, aplikasi sebelumnya tetap aktif berjalan di background. Sistem multitasking ini serupa dengan yang kita jumpai di OS komputer. Hadirnya multitasking ini tidak lepas berkat hadirnya dukungan multi-core processor di WP8.

Mendukung fitur NFC dan Wallet

Tak kalah dari para pesaingnya, WP8 juga memiliki dukungan fitur NFC (near field communication). Fitur NFC akan digunakan pada fitur Tap and Send yang berguna untuk melakukan transfer data antar perangkat Windows Phone 8 dan Windows 8. Selain itu NFC juga digunakan untuk keperluan fitur Wallet yang nantinya berfungsi sebagai alat transaksi, seperti layanan mobile money maupun kartu kredit digital.

Nokia Maps dan Nokia Drive di Windows Phone 8

Windows Phone 8 menggunakan Nokia Maps sebagai aplikasi peta resminya. Ya, Microsoft mengganti Bing Maps, yang sebelumnya diterapkan di WP7. Kerjasama yang sudah terjalin selama ini, antara Nokia dengan Microsoft, memungkinkan Nokia Maps hadir di WP8. Nokia Maps dapat diakses menggunakan koneksi internet dan memiliki fungsi offline (pengguna mesti mengunduh terlebih dulu daerah yang dituju, setelah itu dapat digunakan tanpa koneksi internet).


Disamping Nokia Maps yang berbasis data peta Navteq ini, WP8juga memiliki aplikasi Nokia Drive, aplikasi navigasi yang menawarkan fungsi turn-by-turn direction.


Selain dengan Nokia, Microsoft juga telah menjalin dengan beberapa vendor elektronik lain untuk menerapkan Windows Phone 8. Beberapa diantaranya adalah Samsung, HTC, dan Huawei. Samsung dan HTC bahkan sudah memasarkan produk Windows Phone 8 di Indonesia, Samsung dengan ATIV Smart PC-nya, sementara HTC merilis HTC Windows

kelebihan dan kekurangan windows phone 8 Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Posting Komentar