Fitur Unggulan Smartphone Idaman | Oktrik.com

Selasa, 08 Januari 2019

Fitur Unggulan Smartphone Idaman

Membuka tahun 2019, para pabrikan smartphone sudah menyiapkan produk-produk andalannya. Sejumlah vendor malah sudah merilis smartphone unggulan mereka tahun lalu yang akan bertarung di pasar smartphone tahun 2019. Kemunculan smartphone-smartphone flagship atau unggulan selalu menarik disimak, karena dari ponsel-ponsel inilah tren baru akan mencuat. Teknologi maupun fitur baru selalu menjadi 'bumbu manis' para ponsel pintar unggulan. Simak saja tren penggunaan prosesor dual-core yang dua tahun lalu mencuat kini perlahan beralih ke quad-core, malah trennya akan kembali bergeser ke octa-core. Berikut beberapa tren fitur dan teknologi smartphone unggulan yang diramalkan akan menghiasi pasar tahun 2019.

PROSESOR OCTA-CORE

PROSESOR OCTA-CORE

Penerapan prosesor octa-core (delapan inti) sepertinya akan terus berkembang. Jika tahun lalu hanya Samsung yang bermain, tahun 2019 akan semakin banyak pabrikan yang menerapakan prosesor ini. Bukan hanya itu, pengembangan prosesor octa-core pun akan terjadi. Di awal kemunculannya, prosesor octa-core merupakan gabungan dari dua prosesor quad-core, nah sejumlah pabrikan prosesor menyebutkan bahwa mereka sudah berhasil membuat prosesor octa-core murni.

LAYAR FLEKSIBEL

Salah satu isu menarik yang ditunggu dari para smartphone flagship ini adalah teknologi layar. Seperti yang sudah diberitakan, Samsung dan LG sudah mengenalkan layar fleksibel di produk-produknya, yaitu Samsung Round dan LG G Flex. Kehadiran layar lengkung ini akan menambah fungsi dan fitur smartphone, terutama dari sisi penggunaan dan fungsi multimedia. Bisa jadi nantinya ada ponsel yang bisa ditekuk-tekuk.

ARSITEKTUR PROSESOR 64-BIT

Apple sekali lagi memberi inspirasi bagi industri gadget. Saat mengenalkan iPhone 5S, Apple membuat kejutan dengan membenamkan prosesor A7 yang memiliki arsitektur 64-bit. Kemunculan prosesor ini kemudian menjadi isu menarik di pasar gadget, sejumlah vendor ada yang setuju dengan menyebut prosesor 64-bit adalah masa depan. Namun tak sedikit pula yang mencibir prosesor 64-bit hanya sekadar gimmick. Prosesor 64-bit disebut-sebut mampu mendongkrak kinerja ponsel pintar lebih cepat ketimbang prosesor 32-bit saat ini. Tapi klaim ini masih disangkal beberapa pihak yang menyebut tidak ada perbedaan signifikan antara 32-bit dan 64-bit. Mana yang benar, waktu akan menjawabnya.

FITUR KAMERA

Tren kamera kembali menghangat di penghujung tahun lalu dan diramalkan akan semakin seru di tahun 2019 ini. Nokia bisa disebut sebagai pencetus lahirnya tren kamera di ponsel pintar tahun lalu. Vendor yang kini milik Microsoft ini mengenalkan dua ponsel befitur kamera 'sangar1, Nokia 808 PureView dan Lumia 1020, yang memiliki kamera beresolusi 41 megapixel. Sony dengan Xperia Z1-nya tak mau kalah, smartphone ini mengusung kamera bersolusi 20,7 megapixel dengan lensa Sony G lens dan image processor BIONZ. Dipastikan persaingan fitur kamera akan semakin sengit pada tahun ini, simak saja Samsung yang menggabungkan divisi mobile dan camera-nya untuk membuat smartphone dengan fitur kamera yang mumpuni. Apa pun itu, S5 menarik untuk ditunggu.

SISTEM OPERASI BARU BERMUNCULAN

Tahun 2019 juga akan menjadi momen bagi kemunculan beberapa sistem operasi smartphone baru. Sistem operasi ini disebut-sebut akan meramaikan persaingan smartphone karena sejumlah pabrikan besar siap mengakomodasi mereka. Firefox OS menjadi salah satu OS menarik yang disebut-sebut akan meluncur ke pasar bersama pabrikan ponsel negeri Cina. Ponsel Firefox OS dikabarkan akan menyasar segmen kelas mid to low.

Ada pula Ubuntu Touch yang dikembangkan Canonical, developer distro Linux Ubuntu. Menurut Mark Shuttleworth,

CEO Canonical, mereka sudah menjalin kerja sama dengan sebuah pabrikan smartphone besar untuk membuat ponsel Ubuntu Touch. Samsung pun tak mau ketinggalan mengenalkankan OS buatannya, Tizen. Setelah sempat terhenti, Samsung kembali melanjutkan pengembangan Tizen di tahun ini. Ada pula Sailfish OS yang merupakan evolusi dari OS MeeGo. Sailfish sudah diterapkan di smartphone Jolla yang kini meluncur di beberapa negara Eropa. oktrik.com

Fitur Unggulan Smartphone Idaman Diposkan Oleh: rosari J

0 comments:

Posting Komentar