Jumat, 21 Desember 2018

Aplikasi Terpopuler Untuk iPhone Versi Unlocked


Berawal dari upaya unlocked, aplikasi tambahan iPhone tercipta. Kelemahan-kelemahan versi iPhone resmi bisa teratasi.

Kadangkala iseng berujung keterusan. Itulah yang dilakukan pecinta iPhone. Selain meng-unlock mereka ternyata juga memperkaya atau bahkan menyempurnakan iPhone. Misalnya, fitur SMS iPhone “official” yang dikritik karena tak bisa melakukan forward message, disempurnakan dengan iSMS pada iPhone “unofficial”. Selain itu, juga disempurnakan fitur camera dengan aplikasi Snapture yang di antaranya menambahkan fungsi Zoom. Bahkan, dengan aplikasi Show Time, merekam video pun sudah bisa dilakukan di iPhone “unofficial”.

Berikut ini adalah gambaran beberapa aplikasi yang tersedia dan hanya dapat berfungsi di iPhone “Unofficial". Pengguna “resmi” tidak bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga ini karena restriksi dari Apple yang terikat kontrak dengan operator tertentu. Agar bisa memanfatkannya, konsumen “resmi” harus merelakan iPhone-nya di-hack dengan risiko kehilangan dukungan after sales dari Apple.

INSTALLER APP

Aplikasi ini hampir dapat dipastikan ada di setiap iPhone “unofficial”. Inilah killer application yang diciptakan oleh orang-orang di luar Apple yang justru membuat iPhone makin bersinar.
Pengembangnya adalah Nulriver, salah satu anggota iPhone Dev Team, komunitas open source pencinta iPhone.

Dengan Installer App, pengguna dipermudah menambah berbagai aplikasi. Cukup mengklik ikon Installer, kita akan dibawa masuk ke ratusan pilihan aplikasi yang tersedia.

Saat masuk, pengguna akan disuguhkan dengan sekitar 9 aplikasi pilihan yang dikembangkan tim elit iPhone Dev Team. Mereka melabelnya sebagai AppTap Official dan menempatkannya di halaman Featured yang secara default terbuka setelah pengguna mengklik ikon Installer. Paralel dengan menu Featured, terdapat pilihan Instali, Update, Uninstall, dan Sources.

Jika kita memilih Install, akan muncul pada layar berbagai kategori aplikasi. Pada Installer versi 3.1, di bagian atasnya terdapat menu Search untuk mencari aplikasi secara mudah. Selanjutnya, kita tinggal memilih aplikasi yang dinginkan, klik dan berikutnya akan muncul profil ringkas aplikasi yang memuat informasi nama aplikasi, versi, ukuran file, dan lain-lain. Jika yakin dengan pilihan, selanjutnya klik Install dan Installer pun akan melakukan proses instalasi. Lama proses akan sangat tergantung pada ukuran file dan jaringan yang digunakan. Kita bisa menggunakan GPRS atau WiFi untuk mendukung proses ini.

Menu lain yang terdapat di halaman utama Installer adalah Uninstall dan Sources. Pilihan Uninstall digunakan untuk menghapus aplikasi pihak ketiga yang terinstal. Prosesnya kurang lebih sama dengan proses Instali yang tadi digambarkan. Sementara, untuk pilihan Sources di dalamnya terdapat kumpulan website tempat asal berbagai aplikasi yang tersedia di Installer App. Kita bisa secara manual menambah sumber download aplikasi dengan memilih menu Edit. Pastikan alamat yang kita masukan benar. Dan, setelah memasukkan alamat sumber terbaru tersebut, lakukan Refresh, kemudian masuk ke halaman Instali, di sini kita akan melihat aplikasi yang dapat didownload dari sumber yang kita tambahkan tadi.

Penggunaan native app yang di-install melalui Installer tidak tergantung pada jaringan. Sesaat setelah ter-install kita dapat langsung menggunakan. Inilah salah satu kelebihannya dibandingkan web app yang difasilitasi Apple melalui Safari browser. Jumlah web app memang cukup banyak dan beragam. Namun, untuk memanfaatkannya kita harus senantiasa terkoneksi dengan jaringan internet.

SUMMERBOARD

Inilah aplikasi untuk melakukan Theme Customization di iPhone “Unofficial" Boleh dibilang, SummerBoard ini melengkapi interface iPhone standar yang disebut Apple sebagai Springboard. Adanya aplikasi pihak ketiga ini membuat tampilan menu iPhone jadi dinamis alias banyak pilihannya. Beda dengan iPhone standar yang tak bisa diubah-ubah.

Sebelum menggunakan SummerBoard, kita harus menginstal terlebih dulu aplikasi ini dan Themes yang tersedia di Installer. Prosesnya gampang. Tinggal pilih SummerBoard di kategori System, lalu klik Instali, maka selesailah proses. Selanjutnya cari kategori Themes (SummerBoard), pilih yang disukai, klik Instali, dan tema terpilih akan tersedia dalam aplikasi SummerBoard.

Setelah terinstal, pada interface akan terdapat ikon SMBPrefs. Klik ikon ini, lalu kita akan diajak masuk ke menu Preference Setting SummerBoard. Jika ingin memilih tema tinggal klik Theme, lalu cari berbagai pilihan tema yang telah tersedia. Jika tidak menginginkan Theme Walpapper muncul di latar belakang interface, geser pilihan dari On ke Off. Selain itu, masih banyak pilihan setting yang cukup memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mengubahnya.

Pilihan tema yang tersedia di SummerBoard sangat beragam. Untuk anak-anak, tersedia Doraemon, Naruto, Burger King, dan lain-lain. Ada juga tema yang terkait dengan game, seperti Final Fantasy atau Pax Man. Selain itu, tema lainnya adalah tema Rose yang memberi sentuhan feminin, Time Machine yang futuristik, dan lain-lain.

Game

Kategori game yang ada di Installer, menyediakan berbagai pilihan permainan yang asyik, mulai dari yang sederhana macam T4Two hingga yang kompleks seperti iPac3D atau Yeti3D. Game unik yang menggunakan teknologi terbaru Accellerometer juga ada, seperti Pinball atau Raging Thunder. Dan, yang cukup menarik, di sini juga tersedia beberapa game emulator, yang memungkinkan iPhone berfungsi seperti perangkat GBA (Game Boy Advance) atau PSX (Playstation). Karena kemampuan ini, pengguna iPhone jadi bisa memainkan game-game terkenal, seperti SpongeBob, Mario Brass, dan yang lainnya. Aplikasi emulator GBA adalah gpSPhone, sementara untuk PSX adalah psx4iphone dan PSX4all.

TOYS

Sesuai namanya, dalam kategori Toys terdapat berbagai “mainan" yang lucu dan keren. Kita bisa menginstal aplikasi Pianist, Drummer, dan Pocket Guitar, agar iPhone kita bisa menjadi alat untuk memainkan musik. Atau, kalau kita mau bercanda dengan orang lain yang menggunakan iPhone milik kita, instali saja aplikasi Ants yang bisa bikin kaget gara-gara gadget ini tiba-tiba dikerubungi semut. Selain itu, kategori Toys juga terdapat aplikasi Blink yang bisa membuat iPhone kita berfungsi sebagai lampu emergency kelap kelip, atau Light yang memfungsikan iPhone sebagai lampu blitz untuk foto.

APLIKASI LAINNYA

Tak hanya aplikasi untuk hiburan saja yang tersedia di iPhone "tak resmi" ini. Aplikasi yang lumayan serius juga ada. Misalnya, aplikasi Terminal yang ditujukan untuk mereka yang memahami bahasa programming Unix dan akrab dengan command line. Untuk pelajar yang doyan ilmu kimia tersedia aplikasi Periodic Table berisi profil zat, nomor atom, dan lain-lain termasuk informasi penemuannya. Selain itu, ada juga aplikasi Locate Me untuk mengetahui di mana kita berada. Locate Me mengkombinasikan Wifi dengan jaringan selular untuk mengidentifikasi keberadaan kita namun bukan untuk melacak hp hilang. Setelah terdeteksi dan kita klik Show in Map, otomatis akan terbuka aplikasi Google Map yang memberi-tahu lokasi kita secara visual.

Aplikasi Terpopuler Untuk iPhone Versi Unlocked Diposkan Oleh: Warta B

0 comments:

Posting Komentar