Kamis, 19 Juli 2018

Step By Step Cara Menginstal Linux Untuk Pemula [Mandrakelinux]


Sekarang setelah memilih distro Linux yang ingin digunakan dan mempersiapkan segala sesuatunya, kita lanjutkan dengan melakukan proses instalasi itu sendiri.

Welcome Screen
Layar pertama yang akan anda lihat adalah Welcome Screen yang menampilkan beberapa informasi dan pilihan instalasi. Tekan Enter untuk memulai instalasi dalam mode normal atau “Linux”. Anda bisa melihat beberapa opsi dan parameter yang bisa anda berikan kepada program instalasi jika anda mengalami masalah. Dengan menekan F1 akan membuka layar Help. Di situ tersedia beberapa opsi yang bisa anda pilih. Sekarang kita lanjutkan ke proses instalasi berikutnya. Pada waktu installer dijalankan, anda akan melihat Interface grafis.



Pilih Bahasa
Langkah pertama adalah memilih bahasa yang ingin digunakan. Bahasa yang anda pilih secara umum akan mempengaruhi Installer, dokumentasi dan sistem. Pertama, pilih wilayah di mana anda berada. Kemudian bahasa yang anda gunakan. Klik tombol Advanced untuk memilih bahasa lain yang akan diinstalasi ke komputer anda,yang juga akan menginstalasi dokumentasi sistem dan aplikasi dari bahasa tersebut. Sebagai contoh,jika seseorang yang menggunakan komputer anda tidak bisa beberapa bahasa Inggris, pilih English sebagai bahasa default dan bahasa Indonesia pada bagian Advanced.


License Term of Distribution
Sebelum melanjutkan, anda harus membaca perjanjian lisensi. Bacalah dengan seksama dan jangan terburu-buru. Pastikan anda memahami semua isi yang terdapat di dalamnya.  Jika ada yang kurang jelas atau tidak dimengerti, anda bisa menanyakan langsung melalui e-mail kepada vendornya, atau kepada pengguna Mandrakelinux yang lain. Perjanjian tersebut mencakup seluruh distribusi Mandrakelinux. Jika anda setuju, beri tanda centang (√) kotak Accept. Jika tidak, klik tombol Quit maka komputer anda akan Reboot.

Pilih Jenis Instalasi
Langkah ini hanya diaktifkan jika ditemukan partisi GNU/Linux pada komputer anda. DrakX perlu tahu apakah anda ingin melakukan instalasi baru atau upgrade dari Mandrakelinux sebelumnya. Instal secara garis besar akan menghapus sistem yang lama. Namun, bergantung model partisi, anda bisa mencegah supaya data yang anda (khususnya Home Directory) tidak di hapus. Jika ingin mengubah partisi, atau sistem file anda harus memilih opsi ini. Anda bisa menggunakan upgrade untuk memperbarui paket yang terinstalasi pada Mandrakelinux. Partisi dan data user tidak akan di rubah. Sebagian besar konfigurasi yang lain tetap ada dan sama dengan instalasi standar.

Konfigurasi Keyboard
Bergantung pada bahasa yang anda pilih pada langkah 2, DrakX secara otomatis akan memilih jenis konfigurasi Keyboard tertentu. Periksa apakah pilihan tersebut sesuai dengan keinginan anda atau pilih jenis Keyboard yang lain. Anda bisa saja tidak menemukan Keyboard yang sesuai dengan bahasa anda. Jika ya, anda bisa memilih Keyboard dari daftar. Klik tombol More untuk melihat daftar Keyboard lain yang didukung. Jika anda memilih Keyboard dengan alphabet non latin, pada kotak dialog berikutnya anda bisa memilih tombol yang digunakan untuk berpindah dari latin ke non latin.


Atur Tingkat Sekuriti
Di sini anda bisa memilih tingkat sekuriti untuk komputer anda. Secara umum, tingkat sekuriti harus dibuat lebih tinggi jika komputer anda berisi data yang sangat penting, atau jika terlihat langsung dari Internet. Dampak negative dari tingkat sekuriti yang lebih tinggi adalah berkurangnya kemudahan penggunaan. Jika anda tidak tahu mana yang harus dipilih,  gunakan pilihan Default. Anda bisa mengubahnya nanti dengan menggunakan Draksec, yang terdapat pada Mandrakelinux Control Center. Isi Field Security Administrator dengan alamat e-mail yang bertanggung jawab atas sekuriti. Pesan sekuriti akan dikirimkan ke alamat tersebut.


Pilih Lokasi Instalasi
Sekarang pilih di mana anda ingin menginstalasi Mandrakelinux. Bergantung kepada konfigurasi harddisk, anda akan melihat beberapa opsi. “Use Free Space” akan mempartisi ruang harddisk yang kosong secara otomatis. Jika anda ingin menggunakan partisi Linux yang terdapat pada harddisk, pilih “Use Existing Partition”. Jika anda ingin menghapus semua data dan partisi pada harddisk dan menggantinya dengan Mandrakelinux, pilih “Erase Entire Disk”. Hati-hati karena anda tidak bisa membatalkan operasi ini. Pilih “Custom Disk Partitioning” jika anda ingin mempartisi hardisk secara manual.

Pilih Mount Point
Di sini partisi Linux yang ditemukan pada harddisk anda akan ditampilkan. Anda bisa menggunakan pilihan yang dibuat oleh Wizard, karena mereka cocok untuk kebanyakan instalasi umum. Jika melakukan perubahan, anda tidak paling harus membuat partisi Root (“/”). Jangan pilih partisi yang terlalu kecil atau anda nanti tidak bisa menginstalasi Software yang cukup. Jika ingin menyimpan data pada partisi terpisah, anda juga perlu membuat partisi “/Home” (hanya bisa dilakukan jika anda mempunyai beberapa partisi Linux).

Pilih Partisi yang Akan Di Format
Jika menggunakan partisi GNU/Linux yang lama, anda mungkin ingin memformat beberapa dari mereka dan menghapus data yang terdapat di dalamnya. Perlu di catat bahwa anda tidak perlu memformat semua partisi. Anda harus memformat partisi yang berisi sistem (seperti  /, / usr atau /var), tetapi tidak harus memformat ulang partisi yang berisi data (biasanya /Home). Hati-hati pada waktu memilih partisi. Selanjutnya Wizard menampilkan media instalasi yang ditemukan. Hilangkan tanda centang (√) pada kotak CD instalasi yang ingin dilewati dan kemudian klik OK.

Pilih Paket yang Akan Di Instalasi
Sekarang tiba saatnya untuk memilih program yang ingin diinstalasi pada sistem. Ada ribuan paket yang tersedia untuk Mandrakelinux dan sepaya lebih mudah diatur, mereka dibagi ke dalam kelompok-kelompok aplikasi yang sama. Mandrakelinux membagi paket ke dalam empat kelompok, jadi meskipun memilih instalasi “Workstation” anda juga bisa menginstalasi aplikasi dari kelompok “Server”. Beri tanda centang (√) pada kotak “Individual Package Selection”, jika anda familiar dengan paket yang disediakan atau jika anda ingin mengatur apa yang akan diinstalasi.

Masukkan CD Instalasi yang Diminta
Instalasi Mandrakelinux dibagi ke dalam beberapa CD-ROOM. Jika paket yang dipilih terdapat pada CD-ROM yang lain, DrakX akan mengeluarkan CD yang ada dan meminta anda untuk memasukkan CD yang dibutuhkan. Masukkan CD, dan kemudian klik OK untuk melanjutkan proses instalasi. Jika anda tidak mempunyai CD yang diminta, klik tombol Cancel supaya paket yang bersangkutan tidak akan diinstalasi. Anda tidak perlu khawatir proses instalasi akan berhenti, karena DrakX akan melompat ke paket berikutnya dan melanjutkan instalasi.

Tentukan Password Root
Ini merupakan saat paling penting untuk keamanan system GNU/Linux anda. Root adalah sistem administrator dan  satu-satunya user yang bisa melakukan Update, membuat user, mengubah konfigurasi sistem keseluruhan dan sebagainya. Singkatnya, Root bisa melakukan semuanya ! Itulah sebabnya anda harus memilih Password yang sulit ditebak. DrakX akan memberi tahu anda jika password terlalu sederhana. Password sebaiknya terdiri dari karakter alfanumerik dan paling sedikit terdiri dari delapan karakter. Seperti yang anda lihat, anda tidak dipaksa untuk memasukkan password, tetapi kami tidak sangat setuju dengan itu.

Buat User
Tidak seperti Root, yang merupakan sistem administrator, User yang anda buat di sini tidak bisa mengubah apapun kecuali file dan konfigurasi mereka sendiri. Anda harus membuat paling sedikit satu User biasa untuk anda sendiri. Ini adalah Account yang anda gunakan untuk rutinitas tugas sehari-hari. Tekan tombol Accept User untuk membuat User yang lain. Klik next jika sudah selesai membuat User. Berikutnya anda dapat mengatur apakah komputer secara otomatis masuk dengan satu User. Gunakan fitur ini jika hanya anda sendiri yang menggunakan komputer.

Instalasi Boot Loader Boot loader adalah program kecil yang dijalankan oleh komputer pada waktu Boot. Boot Loader bertugas untuk menjalankan keseluruhan sistem. DrakX akan menganalisis Boot Sector harddisk dan bertindak berdasarkan hasil temuannya. Jika ditemukan Boot Sector Windows, ia akan menggantinya dengan Boot Sector BRUB/LILO. Dengan demikian, anda bisa menjalankan GNU/LINUX atau OS lain yang terinstalasi pada komputer anda. Jika ditemukan Boot Sektor GRUB/LILO, ia akan menggantinya dengan yang baru. Tempat yang paling aman untuk Boot loader adalah “First Sector of Drive” (MBR).

Periksa Parameter
Sebagai tinjauan ulang, DrakX akan menampilkan rangkuman informasi yang dikumpulkan dari sistem anda. Bergantung pada Hardware yang terinstalasi pada komputer, anda mungkin menjumpai beberapa atau semua entri berikut : Keyboard, Country/Region, Timezone, Mouse, Printer, Sound Card, TV Card, ISDN Card, Graphical Iterface, Network, Proxies, Security Level, Firewall, Bootloader dan Service. Masing-masing entri terdiri Hardware yang bersangkutan, diikuti dengan rangkuman singkat dari konfigurasi yang sekarang. Klik tombol Configure untuk melakukan perubahan yang diinginkan.

Instalasi Update
Pada saat menginstalasi Mandrakelinux, bisa saja beberapa paket telah di Update sejak rilis awal. Bug mungkin telah diperbaiki dan masalah keamanan telah diatasi. Untuk mendapatkan Update tersebut, anda bisa men-download mereka dari Internet. Pilih “Yes” jika anda memiliki koneksi Internet, atau  “No” jika anda ingin menginstalasi paket Update nanti. Bila memilih “Yes” anda akan melihat daftar  lokasi web di mana Update bisa diambil. Pilihlah yang paling dekat dengan anda. Tree pemilihan paket akan muncul : pilih, dan tekan instal untuk mengambil dan menginstalasi paket yang dipilih atau Cancel untuk membatalkan.

Reboot Sistem
Akhirnya kita sampai pada langkah terakhir. Instalasi sekarang sudah selesai dan system GNU/Linux anda siap untuk digunakan. Klik Reboot untuk me-Reboot sistem. Jangan lupa untuk mengeluarkan media instalasi (CD-ROM atau DVD). Hal pertama yang anda lihat setelah komputer selesai melakukan pengetesan Hardware adalah menu Bootloader. Dari situ anda bisa memilih Operating System yang ingin dijalankan. Karena kita baru saja menginstalasi Mandrakelinux, sudah pasti Operating System yang kita pilih adalah Mandrakelinux.

Login ke Linux
Kali pertama mengakses sistem mandrakelinux, anda akan melihat Mandrakefirsttime Wizard yang akan membantu anda dalam meregistrasi produk dan membuat Account Mandrakeclub. Jika menggunakan Mandrakelinux edisi Download, anda terlebih dahulu akan diminta untuk mengisi kuisioner. Pada login Windows, klik icon yang sesuai dengan nama login anda. Ketik Password dan kemudian pilih lingkungan grafis yang ingin digunakan dari Session Type. Kali pertama anda login, lingkungan Default adalah KDE. Klik Login untuk memulai sesi anda.

Meng-Uninstall Mandrakelinux
Operating System biasanya tidak menyediakan cara untuk meng-Uninstall diri mereka sendiri. Jika karena suatu alasan anda ingin meng-Uninstalasi Mandrakelinux, anda bisa melakukannya. Proses Uninstall Mandrakelinux bisa dilakukan dengan dua langkah berikut :
Hapus semua partisi yang berhubungan dengan Mandrakelinux (biasanya partisi yang berisi sistem file ext3 dan partisi Swap) dan jika mau merubah mereka menjadi satu partisi dengan menggunakan DiskDrake.

Hapus Boot Loader. Sebagai contoh, untuk menghapus LILO dari Master Boot Record (MBR) jalankan perintah lilo-U pada Console. Anda harus melakukannya sebagai root. Perintah tersebut tidak hanya saja akan meng-Uninstall LILO, tetapi juga akan mengembalikan Master Boot Record sebelumnya, jika ada. Jika anda menggunakan Boot loader yang lain, lihat dokumentasi yang disediakan untuk mengetahui bagaimana cara menghapusnya.

Perlu diingat bahwa menghapus partisi harddisk akan menghilangkan data yang tersimpan pada partisi tersebut. Pastikan anda telah mem-back-up semua data yang ingin disimpan sebelum melakukan langkah di atas.

Step By Step Cara Menginstal Linux Untuk Pemula [Mandrakelinux] Diposkan Oleh: Warta B

0 comments:

Posting Komentar