Rabu, 04 Juli 2018

Recovery Data yang terhapus Pada Removable Storage ( Flashdisk Dan Memory Card )

Kadang tidak sengaja tangan kita memencet tombol erase pada kamera, sehingga data yang seharusnya dapat disimpan, hilang tidak sengaja. Tentu sangat di sayangkan. Tetapi, kini anda tidak perlu panik karena data tersebut masih dapat diselamatkan. Caranya sangat mudah.

Interface Software Restore data Yang terhapus
Jalankan Aplikasi
Download aplikasi Recovery Manager situs resminya, kemudian instal dan jalankan. Pada bagian sebelah kiri terdapat daftar Removable Storage apa saja yang pada saat itu terhubung ke komputer anda. Sedangkan di sebelah kanan berisikan informasi mengenai Removable Storage yang anda pilih. Mulai nama media, versi Firmware, Drive yang digunakan, kapasitas, label setiap volume serta file system. Selain itu, anda juga dapat mengetahui berapa jumlah kapasitas yang sudah terpakai atau berapa kapasitas yang kosong.

Back Up
Bila ingin mem-back-up media yang anda miliki, pilih halaman backup. Proses back-up ini sama halnya dengan memindahkan seluruh isi media anda ke dalam komputer. Caranya cukup dengan menekan icon folder di sebelah boks backup file name. Lalu arahkan folder mana anda akan mem-back-up isi memori card. Berikan nama lalu tekan Save. Anda juga dapat langsung mem-back-up ke CD. Di bagian bawah anda ditanya, apakah akan mem-back-up bagian yang sudah terisi saja atau seluruhnya. Pilih saja yang anda inginkan. Lalu tekan tombol back-up.

Restore
Yang dimaksud Restore adalah menyimpan kembali file yang ada pada komputer ke dalam memori card. Selain menyimpan kembali file yang sudah dipindahkan, fitur ini juga dapat digunakan untuk memindahkan data dari komputer ke memori card. Asalkan formatnya adalah FMB. Caranya cukup menekan icon folder yang ada di sebelah boks Filename to Restore. Kemudian tentukan file yang akan dipindahkan ulang, kemudian tekan tombol Open. Setelah selesai menentukan file, tekan tombol Restore.

Duplicate
Duplicate atau duplikasi dapat dilakukan langsung antar media yang terpasang tanpa harus memasukkan data ke komputer terlebih dahulu. Sebelum proses duplikasi dimulai, terlebih dahulu anda siapkan media (memori card) yang akan digunakan sebagai duplikatnya. Setelah itu barulah proses dimulai. Caranya tekan tombol Duplicate pada memori card yang ingin diduplikasi. Setelah komputer selesai membaca isi media yang pertama, ia akan meminta media lain sebagai tempat duplikasi. Masukkan memori card, lalu tekan OK. Hati-hati, karena bila terdapat isi pada media yang kedua, komputer secara otomatis akan menghapusnya.

Recovery Data
Ini adalah halaman utama yang dinanti-nanti. Anda dapat me-recovery file yang hilang dari memori card anda. Caranya sangat mudah, namun yang perlu diingat adalah jangan menyimpan apapun dahulu sebelum data pada media selesai di- recovery. Sebelum proses recovery dimulai, tekanlah tombol Option untuk menentukan format apa saja yang ingin di recover. Dibalik tombol Option, anda juga diminta untuk menentukan folder tempat file recovery akan berada, serta atribut lainnya yang berhubungan dengan proses Recovery.
Informasi Media Card Yang ingin direstore datanya
Format Media Card
Anda juga dapat langsung memformat media yang diinginkan. Semua atribut format lengkap disediakan pada halaman ini. Mulai dari format sistemnya sampai nama medianya. Format system yang ditawarkan umum, yaitu Quick dan Full. Bila menggunakan Quick, maka semua data akan dihapus oleh komputer, hanya saja cara ini tidak akan me-recover blok rusak yang ada di media. Sedangkan dengan cara yang kedua (Full), tidak hanya data akan dihapus tapi blok rusak juga akan di perbaiki. Hanya saja waktunya lebih panjang dari Quick.

Recovery Data yang terhapus Pada Removable Storage ( Flashdisk Dan Memory Card ) Diposkan Oleh: Warta B

0 comments:

Posting Komentar