Manipulasi Foto Wajah Lebih Artistik Dengan Photoshop

Memfoto wajah seseorang memang cukup menyenangkan. Anda bisa mendapatkan berbagai ekspresi model tersebut dengan berbagai latar belakang. Namun, tanpa latar belakang macam-macam pun anda dapat membuat foto wajah ini  menjadi tampak tidak membosankan.

Apa itu Manipulasi Foto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Modifikasi yang diterapkan secara digital pada gambar untuk dampak atau estetika tertentu dikenal sebagai manipulasi foto. Program pengeditan foto, seperti Photoshop, biasanya digunakan untuk membuat perubahan ini. Halaman ini berisi tutorial manipulasi foto Photoshop.

Anda akan dapat mengembangkan kreativitas Anda dan menghasilkan karya luar biasa Anda sendiri di Photoshop menggunakan keterampilan dan teknik yang akan Anda pelajari dalam kursus ini.


 

Artistic Photo Manipulation Menggunakan Photoshop

Dengan memberi sedikit make-up, membuat efek cermin unik dan sedikit teknik Manipulasi Foto, maka jadilah foto wajah yang tidak membosankan.

Berikut ini adalah langkah-langkah manipulasi foto wajah menggunakan photoshop :

Buka Gambar Wajah

Langkah pertama dalam memanipulasi foto photoshop, pilih dan bukalah foto wajah yang anda miliki. Usahakan agar foto wajah tersebut adalah foto Close up yang sangat dekat dan masih seperti apa adanya, belum didandani macam-macam.

Usahakan juga agar ukuran foto tidak terlalu kecil. Setelah mendapatkan foto yang sesuai, bukalah foto dengan cara mengklik menu file, open…, kemudian masuk ke folder tempat foto tersebut berada. Setelah terpilih, klik tombol Open. Maka foto yang ingin anda proses akan terbuka di atas kanvas Photoshop anda.


 

Buat Layer Baru

Setelah foto anda terbuka, langkah selanjutnya dalam memanipulasi foto adalah membuat sebuah layer baru yang harus berada di atas foto anda tersebut. Tujuan dari dibuatnya layer baru ini adalah akan berfungsi sebagai alas untuk memoles wajah tersebut dengan sedikit kosmetik dari Photoshop.

Buatlah layer baru ini dengan cara mengklik icon yang berada di bagian bawah tab Layers. Setelah di klik, maka anda akan mendapatkan sebuah layer baru di atas layer foto anda tersebut.

Poles Bola Mata

Setelah layer baru terbentuk, mulailah untuk memodifikasi warna mata dari model anda. Pertama-tama aturlah warna foreground sesuai dengan yang anda sukai. Untuk ini, kami menggunakan warna hijau. Setelah selesai, klik Brush tool kemudian atur besarnya kuas anda ini sesuai dengan area yang ingin dipoles.

Setelah selesai, mulailah memoles bola mata model anda ini hingga berwarna hijau. Poleslah dengan teliti sampai semua bagiannya tertutup. Namun yang perlu diingat, bola mata bagian tengah (bagian paling hitam dari bola mata) tidak perlu di poles.

Ubah Blending Mode

Setelah selesai memoles bola mata, maka mata masih terlihat kaku karena warnanya belum menyatu dengan bola mata aslinya. Langkah selanjutnya adalah membuat warna tersebut tampak menyatu. Caranya, kliklah dropdown menu Blending mode yang ada pada tab layer sebelah atas.

Setelah muncul opsi-opsinya, pilihlah opsi Hue yang ada di bagian bawah. Setelah selesai, warna akan tampak menyatu dengan bola mata. Untuk membuatnya lebih nyata, turunkan nilai Opacity dari layer tersebut menjadi sekitar 70%. Setelah selesai, warna akan tampak menyatu dengan wajah.

Ulangi Proses Pada Kelopak

Setelah selesai dengan bola mata, ulangilah lagi langkah nomor 3 dan nomor 4, namun kali ini yang di poles adalah kelopak mata dari model. Bagaikan menggunakan eye linear. Poleslah kelopak mata model ini dengan sangat teliti dan halus.

Gunakanlah warna yang anda suka, ukuran brush yang tepat dan bentuk brush yang lembut agar polesan tidak tampak kasar. Poleslah seluruh kelopak mata model ini, kalau perlu ubah-ubahlah ukuran brush-nya, sehingga dapat menjangkau tepi-tepi dan sudut-sudut sempit di samping mata. Setelah selesai, mata model sudah seperti di make up.

Satukan dan Duplikat

Setelah semuanya selesai, satukan semua layer yang ada tab layers tersebut. Caranya, kliklah menu layer|Mergevisible. Setelah selesai, maka semua layer akan menjadi satu. Langkah selanjutnya adalah membuat duplikasi  dari layer baru tersebut.

Caranya klik dan drag-lah layer tersebut menuju icon yang berada di bagian bawah tab layers. Setelah selesai, Maka layer akan menjadi berganda. Tujuan dari disatukan dan digandakannya layer ini adalah untuk membuat efek cermin.

Buat Efek Cermin

Selanjutnya klik pada layer hasil gandakan tersebut, kemudian gunakan Magic Wand Tool untuk menyeleksi area dari gambar yang berwarna putih. Caranya klik iconnya kemudian kliklah daerah putih yang ada pada gambar.

Setelah seluruh area putih terseleksi, tekan tombol Del. Maka daerah putih tersebut akan terhapus. Selanjutnya, kliklah menu Edit|Transform|Flip Horizontal, maka layer duplikat tersebut akan berbalik arahnya. Atur posisinya dan terunkan nilai Opacity menjadi 44%. Setelah manipulasi photoshop selesai, anda akan mendapatkan foto wajah ini menjadi lebih artistik.

Penutup

Saya merekomendasikan belajar Photoshop ke titik di mana Anda sepenuhnya memahami bagaimana mengubah ide Anda menjadi karya seni yang nyata. Untuk mencapainya, saya sarankan menonton berbagai pelajaran yang menjelaskan cara menggunakan alat Photoshop tertentu untuk mencapai efek yang diinginkan. Saya merasa bahwa mencipta adalah cara terbaik untuk belajar.

Terakhir, ingatlah untuk bersabar dengan diri Anda sendiri dan ingatlah bahwa hal-hal yang luar biasa membutuhkan waktu dan banyak latihan.

 

Hello there. Dengan beberapa tahun latihan dan eksperimen, saat ini saya membagikan informasi terbaik terkait tips dan trik, Seo, dll
© Oktrik.com. All rights reserved. Distributed by Techy Darshan Oktrik Oktrik