Tips Menghemat Baterai Iphone dan Android

Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone. Dan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat menggunakan smartphone adalah cara menghemat masa pakai baterai. Lagi pula, tidak ada yang ingin smartphone mereka mati di tengah hari.

Bagi Pemilik smartphone Iphone Maupun Tablet Ipad umur Baterai merupakan hal yang penting. hal ini dikarenakan baik Ipad maupun Iphone Menggunakan Baterai jenis khusus yang tidak dapat dicopot ataupun diganti oleh user biasa dan harus dilakukan oleh teknisi khusus. Oleh karena itu faktor Umur baterai dan cara menghemat Baterai ponsel menjadi satu faktor penting yang mesti diperhatikan oleh pemilik Smartphone Iphone maupun Tablet Ipad

Secara Umum tips dan trik untuk memperpanjang umur baterai seperti keterangan yang tertera pada Website Resmi Apple antara lain:

  • menggunakan Charger yang sesuai dan resmi
  • Selalu mengisi Baterai paling tidak sampai 80%
  • paling tidak sebulan sekali isi penuh baterai anda (sampai 100%)
  • Isi baterai saat daya memang sudah akan habis (jangan gunakan Hp sambil di isi)
  • Untuk penggunaan jangka panjang, saat digunakan pastikan daya terisi 50%

Tips mengawetkan baterai hp diatas tersebut bersifat umum, pada artikel ini akan kami berikan tips dan trik tambahan agar umur baterai hp anda awet . Berikut adalah beberapa tips dan trik tentang cara menghemat masa pakai baterai pada HP Anda:

USB Port Charging

Selain menggunakan charger listrik, Hp smartphone seperti Iphone ataupun Smartphone Android pun support untuk melakukan isi daya (charging) melalui usb port pada komputer atau laptop. Namun perlu diperhatikan bahwa tiap port usb pada komputer dan laptop memiliki spesifikasi sendiri, hal ini dikarenakan USB Port yang ada saat ini pun memiliki beragam versi.

Untuk spesifikasi Komputer terbaru saat ini umumnya sudah menggunakan teknologi USB PORT 3.2, Namun pada tipe komputer atau laptop tipe lama terkadang masih menggunakan teknologi USB Port 1.x dan USB Port 2.0. dimana tiap tiap Versi tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda pula dalam segi transfer rate, kapabilitas dan lain lain.

Oleh karena itu apabila saat mengisi daya baterai Hp menggunakan USB port terdapat notifikasi "NOT CHARGING" atau daya terisi namun sangat lama bisa dipastikan bahwa slot USB yang dipakai tersebut tidak dapat memberikan output daya yang sesuai seperti yang dibutuhkan oleh Hp anda, silahkan coba ganti dengan slot USB lain nya yang ada di komputer atau pun laptop anda

 

 

 

Kecilkan Brigtness pada layar dan aktifkan fitur lock screen

Mode backlight yang aktif pada Smartphone anda tentu saja memakan daya yang cukup banyak, Anda dapat menghemat Baterai hp anda dengan mengurangi Level Brigtness atau menaktifkan mode "Auto-Brightness".

Trik lainnya yang cukup signifikan dalam menghemat daya handphone anda adalah mengaktifkan mode screen lock, jika anda tidak terlalu sering memainkan Handphone maka anda bisa mengatur jeda waktu agar Mode auto Lock aktif misalnya tiap 1 menit

Mematikan Wifi, Bluetooth, GPS dan Airplane Mode

Fitur Wifi,Bt,dan location service adalah salah satu penyebab utama cepatnya penggunaan daya di handphone IPhone anda. Semua Fitur tersebut akan secara terus menerus akan melakukan koneksi kepada perangkat maupun server yang terkonfigurasi.

Sebagai contoh saat mengakses internet menggunakan WIFI namun sinyal yang ada tidak maksimal maka Iphone maupun smartphone lainnya akan bekerja ekstra yang mengakibatkan baterai akan terkuras secara cepat dan dalam penggunaan jangka panjang mengurangi umur baterai anda

Akses Internet Menggunakan WIFI Dari Pada 3G atau 4G/LTE

Seperti yang anda ketahui bahwa WIFI yang terus menerus aktif akan dengan cepat menghabiskan baterai pada Iphone maupun smartphone anda, Namun Akses Internet Menggunakan 3G maupun 4G Lte Memakan daya yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan Wifi.

Oleh karena itu apabila memungkinkan jika di sekitar anda terdapat Akses Wifi, maka kami menyarankan untuk mematikan fitur GPRS pada hp maupun tablet anda dan mengaktifkan Wifi sebagai gantinya tentu saja dengan catatan Akses point wifi tersebut tidaklah dipassword

Matikan sync pada aplikasi yang terinstal

Salah satu keunggulan Menggunakan Handphone IPHONE dan Smartphone Android adalah tersedianya ratusan aplikasi gratis yang dapat anda install tanpa dikenai biaya. Namun banyak dari aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet untuk melakukan sinkronisasi dengan server mereka masing masing dalam periode waktu tertentu.

Sebagai Contoh Aplikasi Email ataupun Calender dalam kurun waktu tertentu akan melakukan koneksi untuk melakukan sinkronisasi Perangkat terhadap server, Aplikasi Chat social media pun melakukan singkronisasi untuk mengecek adanya pesan baru.

Jika semakin banyak aplikasi yang terinstal dan semuanya melakukan sinkronisasi secara terus menerus yang pada akhirnya tentunya Handphone ataupun tablet anda akan memakan daya yang cukup banyak, anda pun akan kesulitan dalam menghemat Baterai dan penggunaan yang boros daya tersebut akan mengurangi umur baterai tersebut

 

 

 

Mematikan Background Refresh

IOS7 Dan Android mempunyai kemampuan untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan atau yang sering disebut MULTI TASKING, kemampuan fitur ini pada umumnya tidak menggangu kinerja Handphone dalam hal memory maupun penggunaan CPU selama spesifikasi hardware mencukupi.

Anda dapat berganti dari satu jendela ke jendela lainnya. namun perlu anda perhatikan meskipun tidak begitu signifikan dalam memakan daya baterai handphone, Jika anda matikan fitur Background Refresh cukup membantu anda dalam menghemat Baterai ponsel anda

Mematikan Opsi Getar pada aplikasi Game

Jika anda salah seorang yang hobi bermain Games menggunakan Handphone, seperti halnya menu mematikan background refresh mematikan Opsi VIBRATE meskipun tidak banyak namun cukup berperan dalam menghemat Baterai karena handphone tidak akan meggunakan daya tambahan untuk bergetar saat anda bermain game. Opsi ini biasanya terdapat pada menu OPTION saat memulai game tersebut atau anda dapat terapkan secara global Pada menu PHONE SETTING

Gunakan Mode Hemat Daya

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat masa pakai baterai pada HP Anda adalah dengan menggunakan mode hemat daya. Mode ini dapat diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan ponsel Anda> Baterai> Mode Hemat Daya. Setelah mode ini diaktifkan, ponsel Anda akan secara otomatis menyesuaikan kinerja dan kecerahan layarnya untuk menghemat masa pakai baterai.

Kurangi kecerahan layar

Cara lain untuk menghemat masa pakai baterai pada HP Anda adalah dengan mengurangi kecerahan layar. Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Tampilan > Kecerahan ponsel Anda. Dengan mengurangi kecerahan layar, Anda akan menggunakan lebih sedikit daya baterai.

Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Jika Anda tidak menggunakan Wi-Fi atau Bluetooth, pastikan untuk mematikannya. Fitur-fitur ini dapat menguras masa pakai baterai Anda dengan sangat cepat. Anda dapat menonaktifkannya dengan membuka Setelan ponsel > Nirkabel & jaringan.

Gunakan Wallpaper Statis

Jika Anda menggunakan wallpaper hidup, yang terbaik adalah beralih ke wallpaper statis. Wallpaper hidup cantik tetapi dapat menghabiskan banyak daya baterai.

Periksa Pembaruan Aplikasi

Pastikan Anda secara teratur memeriksa pembaruan aplikasi. Aplikasi yang kedaluwarsa terkadang dapat menyebabkan baterai terkuras. Anda dapat memeriksa pembaruan aplikasi dengan masuk ke Pengaturan ponsel Anda > Aplikasi > Periksa pembaruan.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika Anda memiliki aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan, yang terbaik adalah mencopot pemasangannya. Aplikasi yang tidak digunakan dapat menguras masa pakai baterai Anda dan menghabiskan ruang penyimpanan. Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi di ponsel Anda.

Kurangi Skala Animasi

Anda dapat mengurangi skala animasi dengan membuka Pengaturan > Tampilan ponsel Anda. Dengan mengurangi skala animasi, Anda akan menggunakan lebih sedikit daya baterai.

Gunakan Greenify

Greenify adalah aplikasi yang dapat membantu Anda menghemat masa pakai baterai. Aplikasi ini menempatkan aplikasi Anda ke mode hibernasi saat tidak digunakan. Ini akan membantu mencegah mereka menghabiskan masa pakai baterai Anda.

Gunakan FlyGPS

FlyGPS adalah aplikasi yang menipu lokasi GPS Anda. Ini dapat berguna jika Anda ingin menghemat masa pakai baterai saat Anda bepergian.

Gunakan Tasker

Tasker adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengotomatiskan berbagai tugas di ponsel Anda. Ini dapat berguna untuk menghemat masa pakai baterai.

Penutup

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat menghemat masa pakai baterai di HP Anda dan mencegah ponsel Anda mati di siang hari.

Hello there. Dengan beberapa tahun latihan dan eksperimen, saat ini saya membagikan informasi terbaik terkait tips dan trik, Seo, dll
© Oktrik.com. All rights reserved. Distributed by Techy Darshan Oktrik Oktrik