Senin, 04 Desember 2017

Cara Melacak Hp Yang Hilang Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Perasaan tidak aman dan khawatir tentang data-data penting yang terdapat di dalam HP yang hilang adalah hal yang wajar. Untungnya, saat ini ada beberapa cara untuk melacak lokasi keberadaan HP Anda dengan menggunakan fitur "Find My Device" atau "Cari Perangkat Saya".

Ponsel pintar seperti Apple memiliki fitur melacak HP yang hilang yang cukup canggih, yaitu fitur "Find My Phone" yang cukup ampuh untuk melacak lokasi terakhir dari HP Anda. Namun, tahukah Anda bahwa pengguna smartphone dengan sistem operasi Android juga memiliki fitur yang serupa namun seringkali terlupakan oleh pengguna? Fitur "Cari Perangkat Saya" pada Android sangat mudah digunakan untuk melacak HP yang hilang.

Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan Fitur "Cari Perangkat Saya"

Panduan Melacak HP Android yang Hilang dengan Fitur "Cari Perangkat Saya

Fitur "Cari Perangkat Saya" pada Android dahulu dikenal sebagai "Android Device Manager" dan pada versi terbaru telah diperbaharui dengan fitur yang lebih lengkap dari versi sebelumnya. Jika Anda membaca tutorial ini, besar kemungkinan Anda sedang mengalami masalah dengan HP yang hilang. Jika Anda menggunakan HP Android atau iPhone, Anda dapat menentukan lokasi HP Anda dengan menggunakan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" yang tersedia.

Cara Menggunakan Fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device"

Fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" adalah fitur yang tersedia pada perangkat Android dan iPhone yang dapat digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan fitur ini:

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda dan cari opsi "Akun" atau "Akun Google".
  2. Pilih akun Anda dan pastikan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" telah diaktifkan. Jika belum, aktifkan fitur tersebut.
  3. Setelah fitur diaktifkan, Anda dapat mengakses fitur ini melalui peramban web dengan mengetik "google.com/android/find" pada URL.
  4. Login menggunakan akun yang sama yang digunakan pada perangkat Anda yang hilang.

Setelah login, Anda akan dapat melihat lokasi perangkat Anda pada peta. Anda juga dapat mengirim perintah untuk membuat perangkat berdering, menguncinya, atau menghapus data yang tersimpan.

Jika perangkat Anda tidak terdeteksi, cobalah untuk memperbarui lokasi dengan mengeklik tombol "Perbarui" atau mencoba beberapa saat

Cara Melacak HP yang Dimatikan

Salah satu masalah yang sering ditemui ketika HP hilang adalah jika HP tersebut dimatikan. Dalam kondisi ini, fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" tidak akan dapat digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melacak HP yang dimatikan, diantaranya:

  • Mengecek lokasi terakhir yang disimpan oleh HP Anda sebelum dimatikan dengan menggunakan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device".
  • Menghubungi operator seluler Anda untuk meminta bantuan dalam melacak HP yang hilang melalui nomor IMEI yang unik. Pastikan untuk mengecek dengan operator seluler Anda apakah layanan ini tersedia dan bagaimana cara mengaktifkannya.
  • Menggunakan aplikasi pelacak HP seperti "Lookout" atau "Prey Anti Theft" yang dapat digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang meskipun HP tersebut dimatikan.
  • Menggunakan layanan yang disediakan oleh operator seluler seperti Telkomsel dan XL, dengan mengirimkan perintah SMS tertentu atau dengan mengakses layanan pelacakan online yang tersedia di website resmi operator.
  • Menggunakan Nomor IMEI yang unik untuk setiap perangkat, yang dapat digunakan untuk melacak HP yang hilang dengan menyimpan nomor ini dan memberitahukannya kepada operator seluler atau kepada polisi jika HP Anda hilang.

Cara-cara di atas dapat digunakan untuk melacak HP yang hilang meskipun HP tersebut dimatikan. Namun, pastikan untuk selalu mengecek dengan operator seluler atau mengaktifkan fitur pelacakan pada HP Anda sebelum HP hilang agar proses pencarian lebih mudah dilakukan. Anda juga dapat menggunakan beberapa metode yang disebutkan di atas untuk meningkatkan kemungkinan menemukan lokasi HP yang hilang.

Cara Melacak HP yang Tidak Terhubung dengan Jaringan

Salah satu masalah yang mungkin Anda hadapi ketika HP Anda hilang adalah jika HP tersebut tidak terhubung dengan jaringan wifi atau seluler. Dalam kondisi ini, fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" mungkin tidak dapat digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melacak HP yang tidak terhubung dengan jaringan.

  1. Anda dapat mencoba mengecek riwayat lokasi yang tersimpan oleh HP Anda sebelum tidak terhubung dengan jaringan. Beberapa ponsel akan terus menyimpan data lokasi meskipun tidak terhubung dengan jaringan, sehingga Anda dapat mengecek data ini untuk mengetahui lokasi terakhir HP Anda.
  2. Anda dapat menghubungi operator seluler Anda untuk meminta bantuan dalam melacak HP yang tidak terhubung dengan jaringan. Beberapa operator seluler dapat melacak lokasi HP melalui nomor IMEI yang unik, namun pastikan untuk mengecek dengan operator seluler Anda apakah layanan ini tersedia dan bagaimana cara mengaktifkannya.
  3. Anda dapat menggunakan aplikasi pelacak HP yang memiliki fitur offline seperti "Lookout" atau "Prey Anti Theft" yang dapat digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang meskipun HP tersebut tidak terhubung dengan jaringan. Namun, pastikan untuk selalu mengambil tindakan preventif dan mengaktifkan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" dan meng-backup data-data penting Anda sebagai tambahan pelindung dari kehilangan HP Anda.

Cara Melacak HP yang Dicuri

Panduan Langkah-langkah Melacak HP Android yang Hilang

Jika Anda mencurigai bahwa HP Anda telah dicuri, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melacak lokasi HP yang hilang.

  1. Anda harus segera menghubungi polisi dan melaporkan HP yang hilang. Ini akan membantu polisi dalam mengejar pelaku dan mengembalikan HP Anda.
  2. Anda harus segera mengecek nomor IMEI HP Anda dan melaporkannya ke operator seluler Anda. Ini akan membantu operator seluler dalam memblokir nomor IMEI yang digunakan pada HP yang dicuri sehingga HP tersebut tidak dapat digunakan lagi.
  3. Anda dapat mencoba menggunakan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" untuk melacak lokasi HP yang dicuri, meskipun fitur ini mungkin tidak dapat digunakan jika pelaku telah mengubah atau menghapus akun yang digunakan pada HP.
  4. Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pelacak HP seperti "Lookout" atau "Prey Anti Theft" yang dapat digunakan untuk melacak lokasi HP yang dicuri. Namun, pastikan untuk selalu mengambil tindakan preventif dan mengaktifkan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" dan meng-backup data-data penting Anda sebagai tambahan pelindung dari kehilangan atau pencurian HP Anda.

Lacak HP Menggunakan Komputer

Cara melacak HP yang hilang sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu sebuah komputer yang terhubung ke internet. Buka peramban Google Chrome dan pastikan Anda telah login menggunakan akun yang sama di smartphone atau HP Anda yang hilang. Ketik "Where is My Phone" pada tab URL Google Chrome dan tunggu beberapa saat. Chrome akan memproses data yang tersimpan dan setelah selesai akan membuka jendela baru dengan detail HP Anda, seperti status baterai, lokasi, profil internet yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya.

Lacak HP Menggunakan HP Android Lain

Jika Anda tidak memiliki komputer atau laptop, atau bahkan laptop yang Anda miliki juga hilang bersama dengan HP Anda, Anda dapat menggunakan HP Android lain atau tablet untuk melacak HP yang hilang. Buka Chrome Marketplace atau Google Playstore, ketik kata kunci "Find My Device app" dan kemudian instal aplikasi pelacak HP tersebut. Pada interface aplikasi "Cari Perangkat Saya", Anda akan dihadapkan pada menu untuk melakukan login terlebih dahulu. Namun, jika Anda meminjam HP milik teman Anda, aplikasi tersebut memperbolehkan Anda untuk login sebagai guest. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diberikan, yang hampir sama dengan cara mencari HP yang hilang menggunakan komputer.

Lacak HP Menggunakan HP Non-Android

Jika semua opsi di atas tidak dapat digunakan dan Anda tidak memiliki HP Android lain, Anda masih dapat melacak HP yang hilang dengan menggunakan HP non-Android milik teman Anda. Buka browser di HP tersebut dan akses url www.google.com/android/find, kemudian login menggunakan akun yang sama pada HP Anda yang hilang. Setelah berhasil login, tunggu beberapa saat dan detail HP Anda yang hilang akan tersedia, seperti lokasi, terakhir terdeteksi oleh Google, dan beberapa informasi lain yang cukup berguna untuk menemukan kembali HP Anda.

Selain melacak lokasi HP yang hilang, fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" juga memiliki opsi tambahan seperti "PLAY SOUND", "LOCK", dan "ERASE" yang dapat digunakan untuk alasan keamanan. Misalnya, jika HP Anda yang hilang dimatikan suaranya oleh pencuri, Anda dapat "memaksa" HP tersebut untuk memutar file audio meskipun telah disetting silent atau dimatikan suaranya. Anda juga dapat mengunci HP Android Anda dan menampilkan pesan yang dapat Anda setting sendiri.

Dalam kasus terburuk, jika semua cara di atas tidak berhasil dan Anda khawatir tentang data-data pribadi yang ada di HP Anda, Anda dapat menggunakan opsi "ERASE" untuk menghapus seluruh data di dalam HP Anda. Namun, pastikan Anda telah membackup data-data penting sebelum menggunakan opsi ini.

Dalam menggunakan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device", pastikan Anda telah login menggunakan akun yang sama di HP Anda yang hilang dan aktifkan fitur ini sebelum HP Anda hilang. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melacak lokasi HP Anda yang hilang tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Ingat, selalu berhati-hati dan jaga keamanan dari HP Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dan sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pelacak HP yang tersedia di Google Playstore seperti "Lookout" atau "Prey Anti Theft" yang juga dapat digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang. Aplikasi-aplikasi tersebut juga memiliki fitur tambahan seperti pelacakan GPS, pemberitahuan ketika HP terhubung ke jaringan baru, dan bahkan fitur untuk mengambil foto dari HP yang hilang untuk membantu Anda dalam menemukan kembali HP Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengaktifkan fitur "local device manager" dan menginstall aplikasi pelacak HP pada perangkat Anda sebagai tambahan pelindung dari kehilangan HP Anda.

Tips untuk Menjaga HP Anda Aman

Cara-cara Melacak HP Android yang Hilang

Selain mengambil tindakan setelah HP hilang atau dicuri, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga HP Anda aman di masa depan.

  • pastikan untuk mengatur kode sandi atau login sidik jari pada HP Anda. Ini akan membantu mencegah orang lain dari mengakses data-data penting yang tersimpan pada HP Anda.
  • pilih kata sandi yang aman dan unik. Ini akan membantu mencegah orang lain dari mengakses akun Anda dan mengambil alih kontrol dari HP Anda. Pastikan untuk menghindari menggunakan kata sandi yang mudah di tebak seperti tanggal lahir atau nama Anda, dan selalu mengubah kata sandi secara berkala.
  • pastikan untuk meng-backup data-data penting Anda secara teratur. Ini akan membantu Anda untuk mengembalikan data-data penting Anda jika HP Anda hilang atau dicuri. Anda dapat menggunakan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" untuk mem-backup data-data penting Anda dan mengembalikan data-data tersebut jika HP Anda ditemukan kembali.
  • fikirkan untuk menambahkan perlindungan fisik pada HP Anda seperti case atau film pelindung. Ini akan membantu mencegah kerusakan pada HP Anda jika terjatuh atau terkena air.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, melacak HP yang hilang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device" yang tersedia pada perangkat Android dan iPhone. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pelacak HP seperti "Lookout" atau "Prey Anti Theft" serta layanan yang disediakan oleh operator seluler seperti Telkomsel dan XL.

Namun, untuk menghindari masalah ini di masa depan, Anda juga harus mengambil tindakan preventif seperti menyimpan lokasi keberadaan HP, mengunci HP ketika tidak digunakan, dan meng-backup data penting. Ingatlah bahwa selalu ada cara untuk melacak HP yang hilang, jadi jangan panik dan jaga keamanan perangkat Anda agar tetap aman.

Penutup

Menemukan HP yang hilang tidak perlu menjadi masalah yang besar jika Anda mengambil tindakan preventif dan tahu cara melacaknya dengan benar. Dengan mengikuti tips-tips di atas dan mengambil tindakan preventif seperti menyimpan lokasi keberadaan HP, mengunci HP ketika tidak digunakan, dan meng-backup data penting, Anda dapat menjaga HP Anda dari kehilangan atau pencurian.

Selain itu, dengan menggunakan fitur "Cari Perangkat Saya" atau "Find My Device", aplikasi pelacak HP, dan layanan yang disediakan oleh operator seluler, Anda dapat dengan mudah melacak lokasi HP yang hilang. Ingatlah untuk selalu menyimpan nomor IMEI dari HP Anda dan mengecek dengan operator seluler Anda untuk melihat apakah layanan pelacakan tersedia. Jangan panik dan jaga keamanan perangkat Anda agar tetap aman.

Document last updated at: Senin, 4 Des 2017 123