Cara Mengatasi Smartphone Lemot (lag) Akibat Kehabisan Ram

Seringkah smartphone terasa lambat jika sering diinstal dan uninstall beragam aplikasi. Untuk memulihkannya, MemoryUp siap beraksi.

Smartphone pada umumnya jika baru dipakai kinerjanya terasa aman-aman saja, alias lancar. Tapi jika smartphone diinstal beragam aplikasi dan aktif bersamaan, sudah barang tentu kinerjanya akan terasa berat, sebab menelan kapasitas RAM yang terpancang di handset.


 

Apa itu Ram

RAM Adalah Memori Akses Acak dan dalam istilah sederhana, adalah tempat untuk menyimpan data untuk waktu yang singkat. Tidak seperti dalam memori hard drive, konten tidak disimpan secara permanen dalam RAM dan dapat dipanggil kembali dengan sangat cepat dibandingkan dengan penyimpanan internal.

RAM dengan demikian digunakan untuk menempatkan data di tempat yang dapat dijangkau dengan cepat dan mudah. Semakin banyak RAM yang dimiliki perangkat Anda, semakin banyak data aplikasi yang dapat disimpan untuk akses yang sangat cepat. Dengan demikian, beralih di antara aplikasi dan membuka aplikasi adalah pengalaman yang jauh lebih cepat.

RAM (random access memory) bisa diibaratkan area penyimpanan sementara. Setiap kali kita membuka sebuah aplikasi/program ataupun sebuah file, smartphone akan menyimpan informasi yang berhubungan dengan program atau file ke dalam RAM.

Jadi semakin banyak program/file yang dibuka akan semakin berkurang RAM yang tersedia. Pada titik tertentu smartphone akan tak berdaya jika kehabisan RAM. Bahkan jika kita menginstal program yang kurang cocok akan mengakibatkan smartphone “crash”.

Fungsi Ram Pada Ponsel

Smartphone memerlukan memori yang dapat diakses secara instan untuk melakukan multitask, mis. Beralih di antara sejumlah aplikasi yang tidak harus dimuat ulang setiap kali dibuka kembali. Jika perangkat tertentu sangat mahir melakukan multitasking, itu karena kemampuan RAM-nya dan berapa banyak RAM yang dimilikinya.

Dengan demikian, RAM di ponsel cerdas Anda digunakan untuk menyimpan data untuk aplikasi yang sedang berjalan atau sering berjalan. Semakin banyak RAM yang dimiliki ponsel cerdas Anda, semakin banyak file dan aplikasi yang dapat dijalankan di belakang layar tanpa memperlambat kinerja perangkat Anda secara keseluruhan.

aplikasi ram untuk smartphone

Aplikasi RAM adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mengoptimalkan kinerja smartphone mereka. Aplikasi ini akan membantu pengguna dalam mengelola memori RAM yang tersedia pada perangkat mereka, sehingga mereka dapat menjadikan kinerja perangkat mereka lebih lancar. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan tips dan trik kepada pengguna dalam mengoptimalkan kinerja perangkat mereka.

Aplikasi ini menawarkan berbagai alat yang dapat membantu pengguna dalam mengatur aplikasi yang sedang berjalan, serta memberikan rekomendasi mengenai aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja perangkat. 

Aplikasi RAM juga dapat memberikan laporan yang menunjukkan penggunaan memori RAM selama beberapa hari terakhir, sehingga pengguna dapat dengan mudah menentukan aplikasi mana yang perlu ditutup atau dihapus untuk menghemat penggunaan memori.

cara mengatasi lag akibat Kehabisan Ram

Untuk mengatasi problem di atas, Anda bisa menggunakan software MemoryUp Standard Edition (Mobile RAM Booster) versi 2.2. Dengan MemoryUp, kondisi smartphone dapat dipulihkan ke kondisi semula. Berikut instalasi, setting dan penggunaannya

  1. Download File dari link berikut dan extract file file tersebut
  2. transer file dengan name memoryup.jar ke smartphone lalu jalankan instalasi
  3. Setelah selesai proses instali, MemoryUp akan menampilkan status kapasitas memori, memori yang masih tersedia dan yang sedang terpakai.
  4. Untuk optimalisasi kita bisa jalankan Quick Boost, dan MemoryUp akan menjalankan Checking RAM, Defragging dan Recovering. Defragging mirip yang dilakukan oleh PC untuk merapatkan alokasi file-file agar optimal.
  5. Untuk mengetahui sistem smartphone secara detil, seperti Platform, Java Extension, JVM RAM dan local info dan sistem encoding kita bisa klik System Info.
  6. Untuk menyesuaikan kerja MemoryUp dengan keinginan kita, ada dua setting yaitu basic setting dan advanced setting.
  7. Basic Setting» warn me if RAM goes under,adalah peringatan dini apabila RAM sudah terlalu banyak terpakai, setting defaultnya adalah 5% RAM yang tersisa.
  8. Advanced Setting» Force system to use large cache, memungkinkan kita untuk menjalankan program yang “agak berat” di smartphone.

Aturan umumnya adalah semakin banyak ruang dalam RAM, semakin efisien pemrosesan file, dan sebagai akibatnya, semakin cepat perangkat berperilaku dalam sebagian besar tugas. Alasannya adalah karena CPU tidak dapat mengakses file langsung dari penyimpanan. File yang disimpan dalam RAM dioptimalkan-CPU dan di-antri untuk akses cepat.

Sebuah smartphone dengan RAM lebih banyak akan berkinerja lebih baik daripada smartphone dengan RAM lebih sedikit di sebagian besar kasus terutama karena fakta bahwa banyak file perlu "duduk" dalam RAM setiap saat. Ini terutama terlihat di multitasking ketika Anda beralih di antara aplikasi dan berharap yang di latar belakang untuk terus berjalan jika Anda ingin mengambil di mana Anda tinggalkan daripada membuka aplikasi lagi.

 

Hello there. Dengan beberapa tahun latihan dan eksperimen, saat ini saya membagikan informasi terbaik terkait tips dan trik, Seo, dll
© Oktrik.com. All rights reserved. Distributed by Techy Darshan Oktrik Oktrik